SEJARAH LETUSAN GUNUNG MERAPI BERDASARKAN FASIES GUNUNGAPI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BEDOG, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muh. Aris Marfai, Ahmad Cahyadi, Danang Sri Hadmoko, Andung Bayu Sekaranom

Abstract


ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan fasies Gunungapi Merapi yang terletak di DAS Bedog Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan bahaya gunungapi yang diakibatkan oleh erupsi Gunungapi Merapi berdasarkan pada fasies gunungapinya. Pengambilan sampel dilakukan dengan sistematic random sampling. Fasies gunungapi ditentukan berdasarkan ciri-ciri litologi dan klasifikasi fasies gunungapi, sedangkan bahaya gunungapi ditentukan berdasarkan identifikasi bahaya-bahaya gunungapi yang dapat menghasilkan batuan-batuan yang menjadi ciri-ciri dari masing-masing fasies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasies gunungapi di DAS Bedog dari fasies medial dan fasies distal dari Gunungapi Merapi. Hal ini mengindikasikan bahwa pada masa lampau telah terjadi jatuhan awan panas, hujan abu, dan aliran lahar pada fasies medial serta hujan abu pada fasies distal. Kondisi saat ini di mana letak DAS Bedog berada di bawah DAS Krasak dan DAS Boyong (tidak berhulu di puncak Gunungapi Merapi) serta morfologi dan letak DAS Bedog yang berada di belakang Bukit Turgo menyebabkan aliran lahar sulit terjadi.

Keywords


Bahaya Gunungapi, Erupsi Gunungapi, Fasies Gunungapi

Full Text:

PDF

References


Arozaq, Miftakhul, 2012. Participatory Mapping Dampak Bencana Banjir Lahar Dingin di Kecamatam Salam Kabupaten Magelang, dalam Worosuprojo, S., Suharyadi, dan Priyono, K.D. (eds).

Prosiding Seminar Nasional Pengideraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis 2012. Surakarta: Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21 Januari 2012.

Bogie, I. dan Mackenzie, K.M, 1998. The Application of A Volcanic Facies Models to An Andesitic Stratovolcano Hosted Geothermal System at Wayang Windu, Java, Indonesia. Proceedings of 20th NZ Geothermal Workshop, 265-276.

Bronto, Sutikno,1995. Prediksi Geologi dan Penyajian Informasi Potensi Bencana Gunungapi Khususnya Bagi Pengembangan Wilayah Pemukiman dan Pariwisata. Seminar Nasional Informasi Geologi dalam Pengembangan Tata Ruang Kotadan Wilayah, November 1995. Bandung, ITB.

Bronto, Sutikno, 2000. Volcanic Hazard Assessment of Krakatau Volcano, Sunda Strait Indonesia. Buletin Geologi Tata Lingkungan, Vol. 2, 20-29.

Bronto, Sutikno, 2001. Penilaian Potensi Bahaya Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Alami: Jurnal, Air, Lahan, Lingkungan, dan Mitigasi Bencana, Vol. 6, 1-13.

Bronto, Sutikno, 2006. Fasies Gunung Api dan Aplikasinya. Jurnal Geologi Indonesia, Vol. 2(1), 59-71.

Brotopuspito, Kirbani Sri, Suratman, Pramumijoyo, Subagyo, Hadmoko, Danang Sri, Harijoko, Agung; dan Suyanto, Wiwit. 2011. Kajian Multi-Bahaya, Kerentanan, Risiko, Desain Tata Ruang Kawasan Rawan Bencana Merapi dan Implementasinya dalam Peningkatan Kapasitas dan Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bahaya Gunungapi. Laporan Penelitian. Hibah Penelitian Strategis Nasional Universitas Gadjah Mada.

Chester, D.K., Duncan, A.M., Guest, J.E. , Johnston, P.A. and Smolenaars, J.J.L., 2000. Human Response to Etna Volcano During The Classical Period. In: W.J. McGuire, D.R. Griffiths, P.L. Hancock and I.S. Stewart, Editors, The Archaeology of Geological Catastrophes, Geological Society Special Publication, Vol. 17, 179–188.

Hadmoko, D.S. Wiguna, P.P.K., dan Marfai, M.A., 2012. Aplikasi GIS untuk Pemodelan Bahaya Banjir Lahar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gendol dan Opak, Yogyakarta, dalam Worosuprojo, S., Suharyadi, dan Priyono, K.D. (eds). Prosiding Seminar Nasional Pengideraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis 2012. Surakarta, Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21 Januari 2012.

Lavigne, F., Thouret, J.C., Voight, B., Suwa, B., dan Sumaryono, A., 2000. Lahars at Merapi Volcano, Central Java: an Overview. Journal of Volcanology and Geothermal Research, Vol. 100, 423-456.

Voight, B., Constantine, E.K., Siswowidjoyo, S., dan Torleya, R. 2000. Historical Eruptions of Merapi Volcano, Central Java, Indonesia, 1768-1998. Journal of Volcanology and Geothermal Research. Vol. 100, 69–138.




DOI: http://dx.doi.org/10.14203/risetgeotam2012.v22.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Muh. Aris Marfai, Ahmad Cahyadi, Danang Sri Hadmoko, Andung Bayu Sekaranom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Riset Geologi dan Pertambangan (e-ISSN 2354-6638 p-ISSN 0125-9849). Powered by OJS

 

Indexed by:

        

 

Plagiarism checker: