STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN KOTA SEMARANG BERDASARKAN DATA GAYABERAT

Dadan Dani Wardhana, Hery Harjono, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


ABSTRAK Kota Semarang merupakan kota yang berkembang dari pemukiman tua yang dibangun pada endapan alluvial yang berumur sangat muda. Beberapa fenomena alam yang muncul seiring dengan perkembangan kota Semarang, diantaranya penurunan muka tanah, terjadi banjir rob, dan di beberapa kawasan terjadi longsor. Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui penyebab dari fenomaena tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan studi gayaberat untuk mengidentifikasi kaitan antara struktur bawah permukaan dengan fenomena penurunan muka tanah. Analisis struktur bawah permukaan dilakukan melalui interpretasi kualitatif terhadap peta anomali gayaberat Bouguer dan anomali residual. Sedangkan interpretasi kuantitatif dibuat model 2-dimensi gayaberat dan model inversi 2-dimensi tahananjenis. Hasil penelitian mempelihatkan rentang anomali Bouguer antara -15 sampai 10 mGal, berada pada zona anomali rendah. Pola struktur yang tergambar didominasi oleh arah baratlaut-tenggara. Anomali di timur relatif lebih tinggi daripada yang di barat yang menunjukkan bahwa basement di bagian timur lebih dangkal dibandingkan dengan yang di sebelah barat. Tiga penampang model gayaberat dibuat dalam 7 lapisan dengan densitas berturut-turut 1.85gr/cc, 2.00gr/cc, 2.20 gr/cc, 2.30 gr/cc, 2.45 gr/cc, 2.6 gr/cc dan 2.85 gr/cc. Hasilnya menggambarkan bahwa dominasi sesar naik dan geser yang terus aktif mengontrol batuan penyusun kota Semarang.

Keywords


Struktur bawah permukaan, Penurunan Tanah, Semarang, Gayaberat.

Full Text:

PDF

References


Murwanto, H., 2008. Kajian Geologi Untuk Identifikasi Bencana Di Wilayah Kota Semarang.

http://helmymurwanto.wordpress.com/2008/12/31/kajian-geologi-untuk-identifikasi-bencana-di-wilayah-kota-semarang/

Poedjoprajitno, S., Wahyuiono, E., dan Citra, A., 2008.

Reaktivasi Sesar Kali Garang, Jurnal Geologi Indonesia, Vol. 3 No. 3 September 2008: 129-138, Bandung

Sarah, D., Soebowo, E., Syahbana, A.J., Murdohardono, D., Setiawan, T., Mulyono, A., dan Satriyo, N.A., 2012.

Perhitungan Penurunan Tanah Lintasan Bandarharjo-Poncol, Kota Semarang Berdasarkan Pemodelan 2 Dimensi, Prosiding Pemaparan Geoteknologi LIPI 2012, Bandung

Sarah, D., Soebowo, E., Mulyono, A., Satriyo, N.A., 2013. Model geologi teknik daerah amblesan tanah kota Semarang bagian Barat, Prosiding Pemaparan Geoteknologi LIPI 2013, Bandung.

Telford, W.M., L.P. Geldart, R.E. Sheriff, and D.A. Keys, 1982. Applied Geophysics. Cambridge University Press, Cambridge.

Thanden, RE., H. Sumadirdja, PW. Richards, K. Sutisna, 1996. Peta Geologi Lembar Magelang dan Semarang, Jawa skala 1:100.000, Pusat Survey Geologi, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.14203/risetgeotam2014.v24.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Dadan Dani Wardhana, Hery Harjono, Sudaryanto Sudaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright of Riset Geologi dan Pertambangan (e-ISSN 2354-6638 p-ISSN 0125-9849). Powered by OJS

 

Indexed by:

        

 

Plagiarism checker: