IDENTIFIKASI FAKTOR GEOTEKNIK PENYEBAB AMBLESAN DI KOTA SEMARANG

Dwi Sarah, Eko Soebowo, Rachmat Fajar Lubis, Dodid Murdohardono, Asep Mulyono

Abstract


Kota Semarang di bagian utara hingga timur laut diketahui telah mengalami proses penurunan tanah di beberapa lokasi sejak tahun 1980an hingga sekarang. Permasalahan amblesan tanah telah menimbulkan kerugian yang cukup besar akibat kerusakan pemukiman, infrastruktur dan masalah lingkungan seperti banjir (rob). Faktor endapan alluvial berumur kuarter yang belum terkonsolidasi sempurna ditengarai sebagai salah satu faktor penting penyebab amblesan tanah di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakter OCR lempung pada lokasi-lokasi uji lapangan di Kota Semarang berdasarkan kondisi geologi teknik bawah permukaannya. Investigasi lapangan dan penyusunan model geologi teknik dilakukan untuk mengetahui karakter geologi teknik endapan alluvial di Kota Semarang. Hasil kajian menunjukkan keterdapatan lapisan lempung tebal dengan konsistensi lunak pada bagian atas endapan dataran Semarang dengan ketebalan berkisar 10 - 42 m semakin menebal ke arah utara. Lapisan lempung ini memiliki karakteristik belum terkonsolidasi hingga terkonsolidasi normal (nilai Overconsolidation Ratio,OCR ≤1), dengan kompresibilitas lempung cukup tinggi dengan nilai koefisien kompresibilitas, cv 2.9x10-4 hingga 2.21 x10-3 cm/s. Mineralogi lapisan lempung ini tersusun oleh montmorilonit, illite dan kaolinit/klorit. Delineasi lapisan lempung berdasarkan nilai OCR dapat mencerminkan lokasi-lokasi yang mengalami penurunan tanah di Kota Semarang.

Keywords


amblesan tanah, model geologi teknik,lempung, dataran aluvial, Kota Semarang

Full Text:

PDF

References


Loke, M.H., 2001, Constrained time lapse resistivity imaging inversion, The Environmental and Engineering Geophysical Society SAGEEP 2001 , Symposium Program, March 2001, Denver : 34.

Robertson, P.K., (1990). Soil classification using the cone penetration test. Canadian Geotechnical Journal, 27(1): 151-158.

Thaden, R.E., dkk., (1975). Peta Geologi Lembar Magelang-Semarang, Jawa. Direktorat Geologi, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.