NERACA SUMBERDAYA AIR DAS SAPI DI BANJARNEGARA

Saifudin -, Defry Hastria

Abstract


Meningkatnya kegiatan ekonomi di Kabupaten Banjarnegara menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan air, baik air bersih yang digunakan sebagai konsumsi masyarakat air irigasi maupun air yang digunakan untuk kebutuhan industri. Dalam rangka pengelolaan sumberdaya air guna pemenuhan kebutuhan air untuk kehidupan maupun peningkatan produksi pertanian tersebut diperlukan data yang memadai tentang potensi sumberdaya air. Potensi sumberdaya air yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air di daerah Banjarnegara tersebut salah satunya adalah DAS Sapi yang merupakan anak sungai kedua terbesar dari DAS Serayu. Kami menghitung neraca air DAS Sapi untuk mengkaji potensi sumberdaya air di DAS tersebut. Hasil perhitungan menunjukan bahwa bulan-bulan yang kekurangan air terdapat pada bulan Mei hingga Oktober, sedangkan bulan yang kelebihan air antara awal November hingga Akhir bulan April. Besar evapotranspirasi bulanan berkisar antara 57,32 – 142.49 mm, timbunan air dalam tanah (storage) antara 4 – 150 mm dan aliran permukaan (run off) antara 3,8 mm – 419 mm. Debit aliran berkisar antara 0,41 m 3/det hingga 45,25 m3/det. Berdasarkan besarnya perbedaan curah hujan antar musim kami menyarankan upaya untuk untuk dapat menyimpan air pada limpasan bulan -bulan basah untuk dapat didistribusikan secara merata setiap bulannya baik untuk irigasi, domistik dan lain-lain.

Keywords


Neraca air, surplus, defisit, curah hujan, runoff, evapotranspirasi, timbunan air dalam tanah

Full Text:

PDF

References


Chow, V.T. 1969. Applied Hydrology. McGraw Hill. New York.

C.W. Thornthwaite and J. R.Mather, 1957, Instruction and Table For Computing Potential Evapotranspiratin and the Water Balance, Publication in Climatology, Volume X, New Yersey.

Garng, S.K., 1977, Water Resource and Hydrology. Khana Publisher, New Delhi.

J.C. Van Dam, W. R. Raaff and A Volker, 1972, “ Clymatology”, ILRI Wagenegen Netherlands.

Linsley, R.K., Kohler, M.A. and Paulhus, J.L.H., 1958 : Hydrology for Engineer, McGraw-Hill, New York.

Seyhan, E.,1979 : Appliccation of Statistic Methods to Hydrology. Institute of Earth Sciences , Free University Amsterdam, Netherlands.

Suyono S. and Kensaku Takeda, 1977, “ Hidrologi Untuk Pengairan” Tokyo, Japan.

W.M.O., 1974, Guide to Hydrological Practice, WMO168, Geneva Switzerland.

Wilson, E.M. 1969. Engeneering Hydrology. MacMillan Press Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.