GENESA ENDAPAN EMAS DI DAERAH BOMBANA: SEBUAH ANALISIS AWAL BERDASARKAN PENGAMATAN LAPANGAN DAN ANALISIS PETROGRAFI

Iwan Setiawan, Iskandar Zulkarnain, Sri Indarto, Sudarsono -, Ahmad Fauzi Ismayanto

Abstract


Pembentukkan endapan emas placer Bombana tidak pernah dilaporkan berhubungan dengan kehadiran batuan volkanik. Sementara kehadiran mineral logam telah diyakini selalu berhubungan dengan aktifitas volkanik yang membawa mineral logam. Tulisan ini akan menyusun model awal genesa mineralisasi emas di wilayah Bombana, berdasarkan hasil penelitian lapangan dan petrografi. Hasil pengamatan lapangan dan analisis petrografi menunjukkan bahwa wilayah Bombana disusun terutama oleh batuan malihan dari fasies sekis hijau. Selain itu terdapat juga batuan peridotit, serpentinit, meta batupasir, meta batugamping, meta andesit, dan batuan ubahan. Data struktur geologi menunjukkan bahwa kompresi yang berperan di wilayah ini berarah baratdayatimurlaut, yang dapat menyebabkan terbentuknya urat-urat termineralisasi berarah Bl-Tg, B-T, pada batuan sekis mika. Selain itu pola struktur yang sama juga telah mengontrol munculnya manifestasi kolam air panas di wilayah ini. Hadirnya mineral garnet, epidot, klorit dan aktinolit, telah merepresentasikan komposisi batuan asal magmatik. Proses malihan regional yang dialami oleh wilayah ini telah mengangkat irisanirisan (slices) batuan dasarnya yang berkomposisi ultrabasa. Aktifitas magmatik tersebut telah membentuk sistem hidrotermal yang dtunjukkan oleh hadirnya urat-urat kuarsa dan kalsit yang memotong foliasi dan sekis mika, zona alterasi, dan penggantian mineral muskovit menjadi epidot, dan kuarsa digantikan oleh kalsit, mineralisasi disekitar urat kuarsa dan kalsit. Fakta ini menunjukkan bahwa mineraliasi telah terjadi setelah metamorfisme.

Keywords


Bombana, batuan malihan, batuan volkanik, geokimia, petrografi, mineralisasi emas

Full Text:

PDF

References


Groves D.I., Condie K.C., Goldfarb R.J., Hronsky J. M.A., dan Vielreiche R. M., 2005. Secular Changes in Global Tectonic Processes and Their Influence on the Temporal Distribution

of Gold-Bearing Mineral Deposits. 100th Anniversary Special Paper, 2005 Society of Economic Geologists, Inc., Economic Geology, v. 100, pp. 203–224.

Groves D.I., Richard J.G., François, R., Craig J. R. Hart., dan Crawley, W.A., 2003. Gold Deposits in Metamorphic Belts: Overview of Current Understanding, Outstanding Problems, Future Research, and Exploration Significance, Vol. 98, 2003, pp. 1 –29.

Hamilton, W.B., 1979. Tectonics of The Indonesia Region. US Geol.Surv.Prof. Paper, 1078, 345 pp.

Idrus A., Warmada I. W., Nur I., Sufriadin, Imai A., Widasaputra S., Marlia S.I., Fadlin, Kamrullah, 2010. Metamorphic Rock-Hosted Orogenic Gold Deposit Type as a Source of Langkowala Placer Gold, Bombana, Southeast Sulawesi. Indonesia, Proceedings PIT IAGI Lombok 2010, The 39th Iagi Annual Convention And Exhibition.

Simandjuntak T.O., Surono, dan Sukido, 1994. Geologi Lembar Kolaka, Sulawesi. Skala 1: 250.000, Puslitbang Geologi (P3G), Bandung.

Surono dan Tang, H.A., 2009. Batuan Pembawa Emas Primer Dari Endapan Emas Sekunder Di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Berdasarkan Interpretasi Inderaan Jauh.

Proceedings PIT IAGI Semarang, The 38th Iagi Annual Convention And Exhibition


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.