GENESA ZEOLIT BERDASARKAN KANDUNGAN MINERALOGINYA DAERAH PADAHERANG DAN KALIPUCANG, CIAMIS, JAWA BARAT

Sri Indarto, Daman Suyadi, Iwan Setiawan, Dewi Fatimah, Lenny Marilyn Estiaty

Abstract


Indonesia disusun oleh gunungapi yang dapat menghasilkan batuan gunungapi yang berpotensi untuk terbentuknya zeolit. Oleh karena itu tulisan ini akan membahas tentang bagaimana terjadinya zeolit alam berdasarkan identifikasi sifat fisik dan mineralogi di lapangan dan
laboratorium, khususnya untuk daerah Padaherang dan Kalipucang, Ciamis, Jawa Barat. Dalam identifikasi zeolit tersebut dilakukan penelitian di lapangan secara geologi dan laboratorium dengan metoda petrografi, X-Ray Diffraction (XRD), dan kimia. Pengamatan di lapangan menunjukkan zeolit diendapkan di bawah lapisan batupasir dan batugamping. Zeolit tersebut diduga termasuk di dalam satuan batuan volkanik Formasi Jampang, dicirikan dengan warna hijau keputih-putihan, ukuran butirnya setara pasir sangat kasar hingga pasir sangat halus, berlapis (10 – 50) cm, penyebaran luas. Sedangkan batupasir dan batugamping yang menutupi zeolit tersebut, diduga sebagai anggota Formasi Halang. Analisis petrografi dan XRD menunjukkan bahwa zeolit yang teridentifikasi di daerah Padaherang dan Kalipucang adalah jenis mordenit, dan mineral lain yang didapatkan diantaranya gelas volkanik, felspar, kuarsa, kadang-kadang mika, serisit, epidot dan mineral lempung hasil ubahan yang jumlahnya sangat sedikit. Analisis kimia menunjukkan adanya kandungan SiO2 (61,21-64,87)%, nilai Loss Of Ignition (LOI) ( 7,11 - 15,38%). Gabungan data lapangan dan laboratorium tersebut di atas dapat diinterpretasikan bahwa batuan asal zeolit adalah dasit (tufa dasitik). Dasit tersebut karena ditumpangi (dibebani) oleh batupasir dan batugamping diatasnya dapat menyebabkan kenaikan tekanan dan temperatur pada tufa, sehingga batuan menjadi kompak dan gelas volkanik yang ada didalamnya mengalami
devitrifikasi menjadi zeolit. Proses terjadinya zeolit ini dapat disebut diagenesa.

Keywords


Genesa, zeolit, mordenit, dasit (tufa dasitik), diagenesa

Full Text:

PDF

References


Alzwar, M., Samodra, H., dan Tarigan, J.I., 1988. Pengantar Dasar Pengetahuan Gunungapi. Nova, Bandung.

Distamben Jawa Barat dan DIM, 2001 . Sebaran zeolit di Propinsi Jawa Barat.

Distamben Jawa Barat dan DIM, 2002. Sebaran zeolit di Propinsi Jawa Barat Ehlers, E.G. dan Blatt, H., 1982, Petrology Igneous, Sedimentary, and Metamorphic. W.H. Freeman and Compay, San Francisco.

Gillen, C., 1982. Metamorphic Geology An Introduction to Tectonic and Metamorphic Processeses. University of Aberdeen, London.

Hayashi, M., 1991 . Geological Exploration of Geothermal Resources. Geothermal Research Center, Fukuoka University, Hakozaki, Fukuoka, Japan.

Kerr, P.F., 1959, Optical Mineralogi, Mc Graw-Hill Book Compay, InC. New York Toronto London.

Estiaty, L.M., dan Fatimah, D., 2009. Kualitas Zeolit Alam Tasikmalaya Dan Zeolit Alam Sukabumi Kemungkinan Pemanfaatannya Untuk Bahan Baku Farmasi. Pusat Penelitian

Geoteknologi LIPI.

Martua Raja, P., Labaik, G., Permana, D. dan Sunardi, A., 2006. Inventarisasi dan Evaluasi Bahan Galian Industri di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya. Provinsi

Jawa Barat, Sub. Dit. Mineral Non Logam.

Simandjuntak dan Surono, 1992. Peta Geologi Lembar Pangandaran, Jawa. Skala 1 : 100.000, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Indarto, S., Suyadi, D. dan Setiawan, I., 2009. Genesa Zeolit Daerah Cikancra, Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Prosiding Pemaparan Hasil Penelitian Puslit Geoteknologi LIPI, Bandung.

Williams, H., Turner, F.J0. and Gilbert, C.M., 1954. Petrography An Introduction to Study of Rocks in Thin Section. W.H. Freeman and Company, San Francisco.

Yardley, B.W.D., 1989. An Introduction to Metamorphic Petrology. Longman Earth Science Series, Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.