TIPE AIR DAN INDIKASI PERUBAHAN KUALITAS AIRTANAH DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA : HASIL PENELITIAN AWAL

Sudaryanto -, Robert M Delinom, Dadan Suherman, Rachmat Fajar Lubis

Abstract


Pengambilan airtanah yang berlebihan dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan menurunnya muka airtanah, sehingga terjadi kerucut depresi airtanah yang disebabkan oleh tidak seimbangnya antara pengambilan dengan pengisian. Penurunan muka airtanah akan menyebabkan terjadinya perubahan tekanan hidrostatis yang mengakibatkan terjadinya migrasi
polutan dalam airtanah, sehingga di beberapa tempat telah mengalami penurunan kualitas. Analisis mengenai fenomena tersebut dilakukan dengan cara penentuan tipe air. Untuk keperluan itu , telah dilakukan pengambilan conto airtanah pada 15 sumur pantau dan 13 sumur dangkal yang tersebar di wilayah Semarang. Analisis kimia dilakukan dengan metode spektrofotometri serapan atom (AAS), volumetri dan turbidimetri. Berdasarkan kandungan kation/anion, diagram trilinear, airtanah di Semarang diklasifikasikan bertipe Ca(HCO3)2, NaCl, Mg(HCO3)2, NaHCO3, CaMix dan Na2CO3. Tipe air NaCl mengindikasikan bahwa sumur dangkal SMR-6 PRPP telah dipengaruhi oleh air laut. Sedangkan tipe air NaCl di sumur pantau SMR-3, SMR-8, SMR-29, dan SMR-30 nampaknya dipengaruhi oleh kandungan garam yang terdapat dalam batuan (garam purba). Hasil ini mengindikasikan airtanah di Wilayah Kota Semarang belum terkontaminasi khususnya air laut kecuali di PRPP Semarang.

Keywords


Conto air, tipe air, kualitas air, Semarang, air laut

Full Text:

PDF

References


_____2010. Profil Kota Semarang. http://www.semarang.go.id/cms

Appelo, C.A.J. dan Geinaert W., 1991. Processes Accompanying the Intrusion of Salt Water. Hydrology of Salt Water Intrusion. A selection of SWIM Paper, V. 11, International Contribution to Hydrology Series, Editorial Board.International Association of Hydrlogist. p. 291 – 3004.

Bahri, M., 2009. Perlunya Pengawasan Pengambilan Air Bawah Tanah (ABT). http:// www.semarang.go.id/cms/.

Harnadi, D., 1991. Survei Konservasi Airtanah Daerah Semarang dan Sekitarnya. Directorate Geology and Environment, Departement of Mining and Energy of Indonesia.

Hem, J.D., 1989. Study and Interpretation of the Chemical Characteristic of Natural Water. 3 rd ed, US. Geological Survey, Water Supply Paper 2254, p.125.

Irham, M., Achmad, R. dan Sugeng Widodo, 2006. Pemetaan Sebaran Airtanah Asin Pada Aquifer Dalam di Wilayah Semarang Bawah. Berkala Fisika. Vol.9.No.3.

Matthess,G., 1982. The Properties of Groundwater. A Wiley Interscience Publication, John Wiley & Sons, New York Chichester Brisbane Toronto Singapure, p 239-295.

Murdohardono D., Tobing T. M.H.L. dan Sayekti A., 2007. Over Pumping of Groundwater as the Cause of sea Water Inundation in Semarang City. Prosiding dari Seminar Internasional “Groundwater Management and Related Water Resources in East and Southeast Asia Region”, Desember . Denpasar, Bali.

Notodarmojo, S., 2005. Pencemaran Tanah dan Airtanah, Penerbit ITB, Bandung.

Purnama, S., Kurniawan, A. dan Sudaryatno, 2009. Model Konservasi Airtanah di Dataran Pantai Kota Semarang. Forum Geografi, Vol.20, No.2.

Stuyfzand, P.J., 1991 . A New Hydrochemical Classification of Water Type : Principles and Aplication To Coastal-Dunes Aquifer System of Netherlands, dalam De Breuck, 1991, Hydrology of Salt Water Intrusion. A Selection of SWIM Papers, V. 11, International Contribution to Hydrology Series, Editorial Board. International Association of Hydrologist. p. 329 – 357.

Suherman, D. dan Sudaryanto., 2009. Tipe Air untuk Penentuan Aliran Airtanah Vertikal di Cekungan Jakarta. Riset Geologi dan Pertambangan. Penerbit Vol.19 No.2.Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI.

Thanden, R.E., Sumadirdja H., Richards.P.W., 1995. Peta Geologi Lembar Magelang dan Semarang, Jawa Tengah. Direktorat Geologi, Dep. Pertambangan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.