FASIES BATUAN KARBONAT DI DAERAH KLAPANUNGGAL, BOGOR

Praptisih -, M Safei Siregar, Marfasran Hendrizan, Purna Sulastya Putra

Abstract


Batugamping Formasi Klapanunggal tersingkap baik di daerah Klapanunggal dan sekitarnya, Bogor. Suatu pengamatan detil batuan karbonat telah dilakukan di daerah Klapanunggal bertujuan untuk mempelajari fasies karbonat dan lingkungan pertumbuhannya. Metode yang digunakan di lapangan adalah pengukuran penampang stratigrafi (MS) rinci sedangkan di laboratorium dilakukan analisis petrografi dan mikropaleontologi. Hasil studi ini menunjukkan bahwa batuan karbonat di daerah penelitian terdiri dari empat fasies, yaitu : (1) fasies boundstone, (2) fasies packstone, (3) fasies rudstone, dan (4) fasies breccia limestone. Berdasarkan data tersebut diinterpretasikan bahwa fasies boundstone diendapkan pada lingkungan reef front sampai reef crest. Fasies packstone berkembang pada lingkungan lower slope, upper slope, dan back reef-lagoon. Fasies rudstone terbentuk pada bagian reef front, sedang fasies breccia limestone terbentuk pada lower slope. Secara geografi, posisi lingkungan tubuh karbonat yang berada pada reef front, upper slope dan lower slope diperkirakan berada di bagian Utara - TimurLaut sedangkan reef crest dan back reef-lagon berada bagian Selatan Baratdaya.

Keywords


karbonat, Formasi Klapanunggal, fasies, lingkungan, reef

Full Text:

PDF

References


Achdan, A., Sudana, D., 1992, Peta Geologi Lembar Karawang, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Budiyani, S., Priabodo, D., Haksara, a.B.W., sugianto, P., 1991, Konsep Eksplorasi Hidrokarbon untuk Formasi Parigi di cekungan Jawa Barat Utara. PIT Ikatan Ahli Geologi Indonesia

ke- 20.

Clement, B., Hall, R., 2007, Creatceous to Late Miocene Stratigraphic and tectonic evolution of West Java, Indonesian Petroleum Association Proceedings 31 th Annual Convention and Exhibition, Jakarta.

Effendi, A. C., Kusnama, Hermanto, B., 1998. Peta Geologi Lembar Bogor, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Johnson, J.H., 1961, Limestone-Building Algae and algal Limestone, Colorado, School of Mines.

Satyana, A.H., 2005, Oligo-Miocene Carbonates of Java, Indonesia : Tectonic – Volcanic setting and petroleum implications, Indonesian Petroleum Association Proceedings 30th Annual Convention and Exhibition, Jakarta.

Siregar M. S, Praptisih, M. Ma’ruf Mukti, Nandang Supriatna dan Kuswandi, 2004, Studi endapan karbonat Formasi Wonosari di daerah Pacitan dan sekitarnya dan kaitannya dengan reservoir hidrokarbon di Jawa bagian Selatan. Laporan Penelitian Proyek Sumberdaya Mineral dan Mitigasi Bencana, Puslit Geoteknologi LIPI. Tahun Anggaran 2004.

Sudjatmiko. 2003. Peta Geologi Lembar Cianjur, Jawa. Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Turkandi, T., Sidarto, Agustiyanto, D.A., Hadiwidjoyo. M.P., 1992, Peta Geologi Lembar Jakarta dan Kepulauan Seribu, Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.