KUALITAS AIR PERMUKAAN DI KOTA SUKABUMI

Dadan Suherman, Muh Rahman Djuwansah, Anna Fadliah Rusydi

Abstract


Kualitas air sungai di bagian hulu kota Sukabumi telah dianalisis, karena air tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air domestik. Pengamatan serta pengambilan conto air dilakukan di delapan titik sepanjang ruas sungai yang melintasi kota Sukabumi. Kegiatan dilakukan pada musim hujan dan musim kemarau. Conto dianalisis dengan metode spektrofotometri sinar tampak, flame fotometri, dan volumetri. Baik pada musim hujan ataupun kemarau, beberapa parameter yakni nitrit (NO2-N), oksigen terlarut (DO), kebutuan oksigen biologi (BOD), kebutuhan oksigen kimia (COD), dan Fosfat Total (PO4-P), memperlihatkan kandungan nilai di atas ambang batas. Semua parameter antara musim hujan dan kemarau menunjukkan nilai yang berbeda. Sebab-sebab perbedaan nilai parameter di kedua musim, dibahas pada tulisan ini.

Keywords


kualitas air, air permukaan, sungai, parameter kimia

Full Text:

PDF

References


Anonim, Eutrofikasi, http://id.wikipedia.org/wiki/eutrofikasi (diakses 13 November 2009).

Anonim, 2001, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 82, Tahun 2001.

Anonim, 2008, Sukabumi Dalam Angka, www.sukabumukota.go.id.smiangka2.asp (diakses 13 November 2009).

Hammer M.J., 1977, Water and Waste Water Technology, John Wiley & Sons, New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore, page 92 – 97.

Hem, J.D.,1989, Study and Interpretation of the Chemical Characteristic of Natural Water, 3rd ed, US. Geological Survey, Water Supply Paper 2254, page 124-126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.