PENDUGAAN VOLUME BANJIR DENGAN DATA SPASIAL FAKTOR-FAKTOR HIDROLOGI

Muh Rahman Djuwansah, Ade Suriadarma, Asep Mulyono

Abstract


Volume banjir di Cekungan Bandung yang terjadi pada tanggal 14 Maret serta 21 dan 22 April 2004 telah diduga dengan menggunakan data curah hujan harian yang terekam di stasiunstasiun penangkar di seluruh cekungan serta data hydrograph hasil pengukuran di stasiun pengukur luah di Nanjung sebagai outlet sub DAS. Luah Aliran Masuk harian diduga dengan menggunakan metoda SCS dengan input Isohyet harian yang diturunkan dari data curah hujan harian. Luah aliran keluar adalah data luah harian yang tercatat pada stasiun pengukuran. Luah banjir ditentukan dengan persamaan kontinuitas aliran. Untuk kasus banjir Tanggal 14 Maret
2004, Cekungan Bandung menerima hujan yang terus menerus semenjak tiga hari sebelum banjir (11 Maret 2004). Meski curah hujan tidak terlalu besar, curah hujan yang terus menerus selama lebih dari tiga hari akan menyebabkan lapisan tanah jenuh air. Apabila kejenuhan telah tercapai maka, sebagaimana kecilnya pun, semua hujan yang jatuh akan berubah menjadi air larian di permukaan tanah. Volume banjir harian yang dihasilkan dari perhitungan tersebut adalah sebesar 13,79 juta m3 untuk tanggal 14 Maret, untuk tanggal 21 dan 22 April masingmasing 9,01 juta m3 dan10,54 juta m3.

Keywords


banjir, volume, Cekungan Bandung, pendugaan, curah hujan, hydrograph

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2009. Kabupaten Bandung dalam Angka. BPS, Bandung.

Nathan R.J. and T.A. Mc. Mahon, 1990. Evaluation for automated Techniques for Baseflow and recession Analyses. Water Resources Research, vol 26. Pp. 1465-1473.

Chow V.T., D.R. Maidment and L.W. Mays, 1988. Applied Hydrology. Mc. Graw Hill co.

Mc Cuen, R.H., 1982. A Guide to Hydrologic Analysis using SCS Methods. Prentice Hall Publ.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.