PENENTUAN PREDIKSI ZONA POTENSI PENYEBARAN POLUTAN DI WILAYAH SUKAREGANG DAN SEKITARNYA MELALUI PENDEKATAN MODEL AIR TANAH

Arief Rachmat, Asep Mulyono, Igna Hadi, Nyoman Sumawijaya, Dyah Marganingrum

Abstract


Sentra Industri Kecil (SIK) Kerajinan Penyamakan Kulit di desa Sukaregang menempati kawasan seluas 80 hektar, dan berdiri sejak tahun 1920. Desa Sukaregang terletak di bagian timur Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, kurang lebih 60 Km dari Bandung, daerah ini terkenal akan industri penyamakan kulitnya. Berdasarkan hasil penelitian Puslit Geoteknologi LIPI menunjukkan kandungan kimia telah mencemari Sungai Ciwalen. Pergerakan kontaminan dilihat melalui model aliran air tanah,model inilah yang akan memberikan gambaran potensi penyebaran polutan . Hasil simulasi muka air tanah diketahui bahwa secara umum polutan akan bergerak ke arah barat laut, dengan variasi lokal arah barat dan dan selatan.

Keywords


model aliran air tanah, konduktivitas hidraulik

Full Text:

PDF

References


Anderson, M.P & Woesner, W.W. 1992. Applied Groundwater Modelling Simulation of Flow and Advective Transport, Academic press, Inc. Sandiego, California.

Herawan.U dkk. 1989. Laporan Penyeledikin Geologi Lingkungan Daerah Garut dan Sekitarnya Jawa Barat. Departemen Pertambangan dan Energi Direktorat Jenderal Geologi dan Sumberdaya Mineral Direktorat Geologi Tata Lingkungan.

Jubahar .Y dkk .1999. Pemetaan Geologi Lingkungan Daerah Garut dan Sekitarnya. Departemen Pertambangan dan Energi Direktorat Jenderal Geologi dan Sumberdaya Mineral Direktorat Geologi Tata Lingkungan.

Rachmat A, dkk. 2009. Laporan Penelitian Pola Penyebaran Krom dalam Air Tanah dari Limbah Industri Kulit Sukaregang. Puslit Geoteknologi LIPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.