PENINGKATAN KUALITAS KONTEN DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOTEKNOLOGI

Agus Men Riyanto, Dedi Mulyadi, Wilda Naily, Didik Prata Wijaya

Abstract


Sistem Informasi Geoteknologi didefinisikan sebagai suatu proses yang menjalankan fungsi pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan, dan penyebaran terhadap data dan informasi hasilhasil penelitian geoteknologi dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dengan dukungan kedua teknologi tersebut proses penyebaran informasi dapat dilakukan dengan kecepatan hampir seketika dan dengan cara yang sangat mudah. Sistem Informasi Geoteknologi merupakan integrasi dari beberapa sub-sistem yang telah dikembangkan sejak tahun 2007, saat ini fokus kegiatan dititik beratkan pada peningkatan kualitas dari sistem yang telah ada sebelumnya. Peningkatan kualitas sistem informasi terdiri dari dua tahap, yaitu: proses perbaikan sistem yang telah dibangun dan pengembangan sistem pendukung integrasi. Perbaikan sistem yang telah dibangun dilakukan terhadap aplikasi bank data digital (DSpace), aplikasi
otomasi perpustakaan (OPAC) dan aplikasi bank data spasial (WebGIS). Sedangkan pengembangan sistem pendukung diarahkan pada pembuatan sistem untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut dalam bentuk situs utama Puslit Geoteknologi. Integrasi diharapkan akan menghilangkan duplikasi data, membuat ongkos pemeliharaan sistem menjadi optimal dan
menghasilkan sistem yang lebih ramah kepada pengguna. Selain peningkatan kualitas terhadap sistem, peningkatan juga dilakukan terhadap kualitas dan kuantitas isi. Saat ini koleksi data yang telah mengisi sistem informasi geoteknologi terdiri dari: 1930 koleksi pada aplikasi OPAC, 354
koleksi pada DSpace, dan 167 koleksi dengan 10 tema pada aplikasi WebGIS. Koleksi tersebut dapat diakses melalui situs utama Puslit Geoteknologi baru dengan URL http://www.geotek.lipi.go.id.

Keywords


sistem informasi geoteknologi, situs, DSpace, OPAC, WebGIS

Full Text:

PDF

References


Becerra-Fernandez, I & Sabherwal, R., 2006. ICT and Knowledge Management, Encyclopedia of Knowledge Management, Hershey: Idea Group Reference.

Eddy Prahasta, 2001. Sistem Informasi Geografi, Penerbit Informatika Bandung.

Clarke, T & Rollo, C., 2001. Corporate initiatives in knowledge management, Journal of Knowledge Management, Volume 43 Number 4/5, MCB University Press.

Senayan, 2009. Open Source Library Management System, http://senayan.diknas.go.id, diakses pada 20 November 2009.

Igna hadi Suparyanto, Agus Men Riyanto, Bambang Setiadi, 2007. Pengembangan sistem informasi sumber daya kebumian dan akuatik tahun 2007. Laporan Penelitian, Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI.

Igna hadi Suparyanto, Agus Men Riyanto, Bambang Setiadi, 2007. Earth and aquatic resources information system (EARIS): Pengembangan Bank Data Digital dan aplikasi GIS berbasis Web. Proseding Seminar Geoteknologi Kontribusi Ilmu Kebumian Dalam Pembangunan Berkelanjutan, Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI, Hal. 125.

I. Hadi S., Agus Men Riyanto, Dedi Mulyadi, Yunarto, Dwi Sarah, Arief Rahmat, Tania Puspita Firdausy, Sukristiyanti, Hilda Lestiana, Anna Fadliah Rusydi, Fitri Listiyani, 2008.

Pengembangan Sistem Informasi Kebumian dalam Rangka Peningkatan Kualitas Isi dan Integrasi Sistem, Laporan Penelitian Tahun 2008, Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI.

Wahyu Supriyanto, Ahmad Muhsin, 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan, Kanisius, Yogyakarta.

Google Analytics, 2009. Enterprise-Class Web Analytics, http://analytics.google.com, diakses pada 20 November 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.