POTENSI ENDAPAN SEDIMEN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT EROSI DI DAS LUKULO HULU

Saifudin -, Puguh Dwi Raharjo

Abstract


DAS Lukulo hulu merupakan salah satu DAS yang berada di Propinsi Jawa Tengah yang meliputi 3 kabupaten, yakni Kabupaten Kebumen, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Wonosobo. Pada musim penghujan debit sungai Luk Ulo meningkat tajam sedangkan pada musim kemarau sangat kecil. Sebagian besar lahan dimanfaatkan untuk hutan produksi (pinus)
serta tegalan. Pemanfaatan sumberdaya lahan yang tidak sesuai dengan kemampuan lahan dan tata ruang wilayah, dapat menyebabkan terjadinya bahaya erosi dan longsor, simpanan air berkurang serta menimbulkan masalah banjir, kekeringan dan sedimentasi. Kapasitas infiltrasi tanah pada daerah tangkapan hujan yang tidak sebanding dengan curah hujan mengakibatkan sebagian air hujan berubah menjadi aliran permukaan yang mengerosi tanah dan batuan yang ada. Bukti besarnya tingkat erosi di bagian atas DAS dapat dilihat dari tingginya tingkat sedimentasi pada tubuh utama aliran sungai yang menghasilkan pasir dan dimanfaatkan oleh
masyarakat sebagai bahan tambang. Sub DAS yang paling tinggi dan menyebabkan tingkat pengendapan pada DAS Lukulo hulu ini adalah DAS Gebangan dengan tingkat sedimen sebesar 96,74564 ton/ha/tahun, sedangkan tingkat erosi pada Sub DAS Lukulo hulu yang tinggi berada
pada DAS Medana dan DAS Loning. Potensi endapan sedimen di outlet DAS Lukulo hulu (stasiun Kaligending) is 194,4297 ton/ha/tahun.

Keywords


DAS, lukulo hulu, sedimentasi, erosi

Full Text:

PDF

References


Chow, V, T, (1964). Handbook of Aplied Hidrology, A Compendium of Water Resources Technology. McGraw – Hill Book Company, New York.

Gregory and Walling L. D. 1976, Measuring of SedimentYield from River Basin, In Soil Erotion Researcg Method.

M, Darmawijaya. 1992. Klasifikasi Tanah Dasar Teori Bagi Peneliti Tanah dan Pelaksanaan Pertanian di Indonesia. Fakultas Pertanian. Universitas Gadjah Mada. Gadjah Mada University Press.

Wischmeier, W.H. and D.D. Smith. 1978. Predicting RainfallErosion Losses – Guide to Conservation Planning. USDA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.