POTENSI LONGSORAN PADA KOMPLEK BMKG PELABUHAN RATU DENGAN METODA GEOLISTRIK

Eddy Z Gaffar

Abstract


Lokasi bangunan gedung Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) di bawah Gunung Jayanti di Kampung Jayanti, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, dinilai berbahaya karena lahannya sering kali terjadi pergeseran tanah. Untuk itu telah dilakukan studi geofisika dengan menggunakan metode geolistrik dipole-dipole pada 6 lintasan berarah hampir utara selatan dan timur barat. Dari penampang dua dimensi yang didapat pada enam lintasan geolistrik pada komplek BMKG Pelabuhan Ratu, terlihat bahwa pada bagian atasnya merupakan lapisan penutup dengan resistifitas sedang sampai cukup tinggi yaitu 6 sampai 30 ohm.m yang diinterpretasikan sebagai batuan yang cukup keras seperti batupasir. Sedangkan bagian bawahnya terdapat nilai resistifitas yang bervariasi mulai dari yang cukup rendah sampai 0,12 ohm.m yang merupakan lapisan lanau lempung atau lempung lanauan dengan sifat mudah mengalami perubahan volume sampai nilai resistifitas yang tinggi sebagai batuan dasar lava atau breksi volkanik. Oleh sebab itu dibawah batuan penutup diduga merupakan lapisan yang merupakan bidang gelincir untuk terjadinya longsoran apalagi di musim hujan.

Keywords


longsor, tahanan jenis, bidang gelincir

Full Text:

PDF

References


Tohari, A., 2008, Kajian Longsoran dan Metode Stabilisasi Longsoran di Lokasi Pembangunan Kantor BMG, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Prosiding Perttemuan Ilmiah Tahunan-XII

Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia, Bandung, 18-19 Nopember 2008.

Gaffar,E.,Ruslan, Suwiyanto, Widarto, D.,Ruswandi,D.,Sudrajat, Y., dan Ashari, P., 2005, Deformasi Kerak Bumi Segmen-Segmen Sesar Daerah Busur Sunda: Aplikasi Pada Mitigasi Bencana Geologi,Laporan Penelitian Penelitian Ilmu Pengetahuan dasar – Puslit Geoteknologi,LIPI.

RAB. Sukamto, 1975., Peta Geologi lembar Jampang dan Balekambang, Jawa Skala 1 : 100.000, Direktorat Geologi, Departemen Pertambangan Indonesia, Bandung.

Telford, W. M., Geldart, L. P. and Sheriff, R. E., 1990, Applied Geophysics, Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.