POTENSI SUNGAI CIBALIUNG SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER AIR BERSIH DI PESISIR BINUANGEUN, BANTEN SELATAN

Wilda Naily, I Hadi S, Hendra Bakti, Rachmat Fajar Lubis

Abstract


Pengembangan wilayah di kawasan Binuangeun dalam kurun sampai tahun 2020 menunjukkan bahwa kebutuhan air bersih yang selama ini diperoleh dari air tanah perlu didukung dengan sumberdaya air permukaan. Salah satu alternatifnya adalah Sungai Cibaliung dengan debit andalan 15,080m3/det pada bulan januari dan 0,398m3/det pada bulan Oktober. Untuk itu telah
dilakukan identifikasi potensi air tawar pada Sungai Cibaliung yang meliputi kondisi fisik sungai, pemeriksaan fisik dan kimia air, serta sarana pendukung lain. Hasil studi menunjukkan bahwa air Sungai Cibaliung dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan penduduk di kawasan Binuangeun dengan sistem distribusi perpipaan secara gravitasi.

Keywords


pengembangan wilayah, air permukaan, Sungai Cibaliung

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan R.I No:416/Menkes/Per/IX/1990. Persyaratan kualitas air bersih.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, 2009, Katalog Zona Musim. http://iklim.bmg.go.id/katalogzom.asp

Satu orang Indonesia konsumsi air rata-rata 144 liter perhari. http://ciptakarya.pu.go.id/index2. Direktorat Jenderal Cipta Karya (Diakses 12 Januari 2009).

http://banten.go.id/?link=dtl&id=261p

http://www.pikiran-rakyat.com/03161001.htm

Ratusan Rumah Di Lebak Terendam Banjir. http://www.mediaindonesia.com

Buku Panduan Air dan Sanitasi, Pusat Informasi Wanita dalam Pembangunan PDII-LIPI bekerjasama dengan Swiss Development Cooperation http://www.iptek.net.id/ind/warintek/?mnu=6&ttg=5&doc=5b.

Duxbury, Alison B.2002. Fundamental of oceanography-4th eds. McGraw-Hill Companies, inc., New York.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Kanisiun Yogyakarta.

Kloosterman, F.H., 1989, Groundwater Flow Systems in the Northern CoastalLowlands of West - and Central Java,Indonesia, Ph.D thesis, Vrije Universiteit te Amsterdam, Kanisius, Yogyakarta.

Naily. W dan S.I. Hadi, 2008. Karakteristik Sumber Daya Air Kawasan Pesisir Banten Selatan, Prosiding Hasil Pemaparan Puslit Geoteknologi 2008. Puslit Geoteknologi-LIPI.

S. I.Hadi. dan Naily. W., 2008, Studi Awal Hidrokimia Berbasis Spasial, Studi Kasus: Daerah Pesisir Tanjung Panto Binuangeun, Banten Selatan, Prosiding Seminar Nasional

Limnologi IV 2008, Puslit Limnologi – LIPI.

S. I. Hadi. dkk, 2009, Pengaruh Pasang-Surut Air Laut Terhadap Sistem Tata Air Di Pesisir Binuangeun, Banten Selatan. Laporan Teknis Penelitian Puslit Geoteknologi 2009, puslit Geoteknologi-LIPI.

Stuyfzand, P.J., 1991, A new hidrochemical classification of water types: principles and application to the coastal dunes aquifer system of the Netherlands, in: Hydrogeology of

salt water intrusion, a selection of SWIM Papers, vol II, IAH.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.