STUDI KORELASI POLA DISTRIBUSI CURAH HUJAN DAN INDEKS ENSO DI CEKUNGAN BANDUNG

Dyah Marganingrum, Ida Narulita, Sri Yudawati Cahyarini, Rizka Maria

Abstract


Objektif studi ini adalah korelasi antara pola distribusi curah hujan bulanan di kawasan Cekungan Bandung dengan fenomena iklim global yang diwakili oleh nilai indeks ENSO. Posisi wilayah Nusantara yang berada di garis equator, diantara dua samudera dan benua memberikan dampak adanya variabilitas distribusi pola curah hujan karena adanya faktor sirkulasi Hadley dan Walke, aktifitas Monsoon, ENSO dan Indian Ocean Dipole Mode. Curah hujan di Indonesia terutama dipengaruhi oleh Monsun dan Indian Ocean Dipole Mode. Dengan mengetahui tingkat korelasi antara perubahan indeks ENSO terhadap variabilitas distribusi curah hujan di Cekungan Bandung diharapkan dapat dilakukan tindakan mitigasi dan adaptasi dalam rangka pengelolaan sumber daya air di kawasan ini. Data series yang digunakan adalah data curah hujan bulanan yang diinterpolasi dari 19 stasiun, dan tersebar di lokasi studi, selama periode tahun 1986 hingga
2004. Analisis statistik dilakukan pada data anomali curah hujan rata-rata tiga bulanan dengan data model nino indeks 3.4. Prosessing data dilakukan dengan menggunakan perangkat Climate explorer (KNMI) dengan menerapkan filter high pass untuk menfokuskan pada signal annualinterannual dan menghilangkan pengaruh signal frekuensi rendah. Hasil studi menunjukkan korelasi positif sebesar 0,7 antara curah hujan di Cekungan Bandung dengan data model nino indeks 3,4. Korelasi sebesar 70% menunjukkan nilai yang siknifikan, artinya fenomena iklim global menjadi bagian penting dalam kajian pengelolaan sumber daya air selain faktor lokal yaitu perubahanan lahan secara suksesif di lokasi studi. Tindakan mitigasi perlu dilakukan dengan pola penggunaan lahan dan ruang yang terbatas, khususnya di kawasan konservasi. Sedangkan tindakan adaptasi dilakukan dengan tujuan menghemat dan menyimpan air dalam
bentuk reforestasi maupun pembuatan kolam/embung/waduk. Baik upaya mitigasi maupun adaptasi dilakukan guna menjaga kontiunitas sumber daya air yang merupakan kebutuhan pokok manusia dan makhluk hidup lainnya.

Keywords


curah hujan, indeks ENSO, iklim, global, lokal, korelasi

Full Text:

PDF

References


Asdak, Chay. 2004. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press.

Kemitraan Air Indonesia. 2003. Krisis Air Memunculkan Konflik Sosial. http://www.inwater. Com/news-Berita. KAI.

Manan, Chudahman. 2004. Dampak dan Upaya Antisipasi Penyimpangan Iklim KHususnya Sektor Pertanian dan Kesehatan. Makalah Kelompok 7 Sekolah Pasca Sarjana IPB.

Narulita et al. 2007. Penghitungan Jumlah Air Imbuhan (Water Recharge) Dan Model Pergerakan Airtanah Daerah Citarum Hulu Secara Kuantitatif dan Spasial. Laporan Kumulatif Program Kompetitif Puslit Geoteknologi LIPI TA 2007.

Narulita, Ida. 2007. Distribusi Spasial dan Temporal Curah Hujan Rata-rata Tahunan Tipe Orografik Untuk Menduga Angka Koefisien Aliran Di Cekungan Bandung. Sumber daya Air dan Lingkungan: Degradasi, Potensi, dan Masa Depan. LIPI Press hal : 183-202.

Oldenborgh, G.J. and G. Burgers (2005), Searching for decadal variatios in ENSO precipitation teleconnections, Geophysical Research Letters, 32, 15, L15701, doi:10.1029/

GL023110.

Sabar, Arwin. 2007. Dampak Degradasi Rezim Hidrologi di Kawasan Andalan Terhadap Kinerja PLTA, Infrastruktur Air Minum dan Sanitasi. Seminar Apresiasi Air dan Sanitasi di Kawasan Budidaya Kerma ITB – Ditjen Cipta Karya PU.

Sabar, Arwin. 2009. Perubahan Iklim, Konversi Lahan, dan Ancaman Banjir dan Kekeringan di Kawasan Terbangun. Pidato Ilmiah Guru Besar ITB-Majelis Guru Besar ITB. CV Senatama Wikarya-Bandung.

Tjasyono, Bayong. 1987. Iklim dan Lingkungan. Penerbit PT Cendekia jaya Utama.

Tjasyono, Bayong. 1997. Mekanisme fisis para, selama, dan pasca El-Nino. Paper disajikan pada Workshop Kelompok Peneliti Dinamika Atmosfer, 13-14 Maret 1997.

Visa, Juniarti. 2007. Fenomena Atmosfer Yang Mempengaruhi Hujan Di Wilayah Equator (Padang dan Pontianak). Prosiding Seminar Nasional Studi, Pendidikan dan Penerapan MIPA.UNY-Yogyakarta 25 Agustus 2007. ISBN: 978-970-99314-2-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.