SUMBER DAYA AIR PULAU KARAKELANG SELATAN, KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD, SULAWESI UTARA

Edi Prasetyo Utomo, Hendra Bakti, Rachmat Fajar Lubis

Abstract


KabupatenTalaud terletak berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Filipina dan Palau, dengan batasnya adalah laut. Sesuai dengan paradigma baru bahwa daerah perbatasan adalah daerah terdepan, maka wilayah ini harus terus dibangun dari keterbelakangan. Masalah kerusakan lingkungan merupakan salahsatu issue yang mengemuka didaerah ini. Oleh karena itu penelitian hidrologi sebagai kunci dalam mengontrol kerusakan lingkungan diperlukan untuk mengiringi pembangunan yang sedang dilaksanakan, sekaligus untuk mendukung aktivitas masyarakat didaerah in. Diantara sejumlah DAS di P.Karakelang bagian selatan diketahui bahwa
hanya satu DAS yang airnya mempunyai kandungan logam berat Pb masuk didalam syarat baku mutu air bersih. Kondisi DAS tersebut akan diuraikan didalam makalah ini.

Keywords


Kab. Kep. Talaud, perbatasan, lingkungan, sumberdaya air

Full Text:

PDF

References


Bappeda Tk II, 2008, Kabupaten Kepulauan Talaud dalam angka.

Davis. N.S dan DeWiest. J.M (1970), Hydrogeology, John Wiley & Sons, NY.

Falkland A, 1991, Hydrology and water resources of small islands: a practical guide, Unesco, United Kingdom.

Hem, J.D, 1989, Study and Interpretation of The Chemical Characteristics of Natural Water, 3rd ed. USGS Water Supply Paper 2254, Washington DC.

Murphy, S. 2002, General Information on Hardness, USGS Water Quality Monitoring, City of Boulder, USA.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 63/PRT/1993 tentang Garis Sempadan dan Sungai, daerah manfaat sungai, daerah penguasaan sungai dan bekas sungai.

Peraturan Presiden republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Scherer, F.T, Seelig B & Frazen D, 1996, Soil, Water and Plant Characteristics Important to Irrigation, North Dakota State University, EB-66 http://www.ag.ndsu.edu/pubs/ageng/irrigate/eb66w.htm.

Suherman, D, 2005, Mata Air Sebagai Sumber Air Bersih Di Pulau Kai-Kecil, Maluku Tenggara, hal. 39 – 60, dalam Hehanussa, P.E & Bakti Hendra, Sumber Daya Air di Pulau Kecil, LIPI Press, Jakarta.

Stuyfzand, F.J, 1991, A New Hydrochemical Classification of Water Types : Principles and Application To The Coastal – Dunes Aquifer System Of The Netherlands, page. 329 –

, in W, De Breuck, Hydrogeology of Salt Water Intrusion, Vol.11, International Association of Hydrogeologists, Germany.

Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Kepulauan Talaud Di Provinsi Sulawesi Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.