ANALISA DAYA DUKUNG WADUK DILIHAT DARI HUBUNGAN PARAMETER FISIKA-KIMIA AIR TERHADAP PARAMETER NUTRIEN MENURUT PERBEDAAN MUSIM

Rizka Maria, Hilda Lestiana, Asep Mulyono

Abstract


Waduk Jatiluhur sebagai waduk serbaguna yang mensuplai kebutuhan air baku di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta dikhawatirkan telah mengalami penurunan daya dukung. Penurunan ini terjadi karena dua hal yaitu faktor alamiah dan hasil aktifitas manusia. Secara alamiah waduk mengalami sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan, sedangkan aktifitas manusia seperti keramba apung dan berbagai limbah rumah tangga, industri dan pertanian ikut memperberat penurunan daya dukung waduk. Studi tentang hubungan parameter fisika-kimia (suhu, pH, konduktivitas dan suspended solid) terhadap parameter nutrien dilakukan mengingat besarnya pengaruh parameter tersebut dalam mengontrol keberadaan zat-zat penentu baik buruknya kualitas air perairan. Faktor musim mempengaruhi kondisi hidrologi suatu DAS. Studi ini bertujuan untuk melihat distribusi spasial setiap parameter berdasarkan musim hujan dan musim kemarau, dan mengungkap hubungan antar parameter di kedua musim. Secara spasial berdasarkan parameter yang dianalisis kualitas air Waduk Jatiluhur menurun pada musim kemarau. Perbedaan rata-rata yang signifikan antara musim hujan dan kemarau terdapat pada parameter turbiditas, suspended solid, nitrat-N, TOM, BOD, dan COD. Hubungan parameter fisika-kimia air terhadap parameter nutrien lebih signifikan terlihat pada musim hujan dibandingkan pada musim kemarau. Parameter pH, turbiditas dan TSS adalah faktor yang berkorelasi paling signifikan terhadap parameter nutrien. Dengan adanya hasil perbedaan paramater pada kedua musim tersebut dapat menjadi pedoman untuk pengambilan kebijakan pengelolaan perairan.

Keywords


Waduk Jatiluhur, daya dukung, parameter fisika-kimia, nutrien, kualitas air

Full Text:

PDF

References


Chapman, 1996. Water Quality Assessments. A Guide To The Use of Biota, Sediments and Water in Environmental Monitoring. Second edition. Printed in Great Britain at the University Press, Cambridge. p 626.

Davis, M.L. and Cornwell, D.A. 1991. Introduction to Environmental Engineering, Second edition. Mc-Graw-Hill, Inc., New York. P 822.

Effendi Hefni, 2003. Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Edisi pertama. Penerbit Kanisius (Anggota IKAPI), Yogyakarta. P 257.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.