DISTRIBUSI TEKSTUR TANAH DI WILAYAH JATILUHUR DAN SEKITARNYA

Asep Mulyono, Hilda Lestiana, Dedi Mulyadi, Rizka Maria

Abstract


Tutupan lahan di wilayah sekitar Waduk Jatiluhur sangat erat hubungannya dengan media tumbuhnya. Kemampuan media tumbuh (tanah) dalam penyediaan air sebagai salah satu sumber energinya akan mempengaruhi perkembangan vegetasi di wilayah sekitar Waduk Jatiluhur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan tanah di wilayah sekitar waduk Jatiluhur dalam menahan air yang akan ditentukan oleh sifat fisik tanah yaitu tekstur tanah. Metodologi yang dilakukan melalui pengambilan data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan pengambilan sampel tanah yang didasarkan pada tipe
tutupan lahan pada citra Aster. Selanjutnya dilakukan pengujian sampel di laboratorium untuk mengetahui distribusi ukuran butirnya secara hidrometer. Berdasarkan data distribusi ukuran butir dilakukan pengkelasan tekstur tanah dengan menggunakan diagram segitiga tekstur tanah berdasarkan klasifikasi USDA. Hasil penelitian menunjukkan tanah dengan kandungan pasir di atas 50 % sebanyak 22 sampel sedangkan kandungan pasir di bawah 50 % sebanyak 8 sampel. Kandungan debu atau lanau dan liat atau lempung secara umum dalam proporsi yang seimbang. Berdasarkan klasifikasi kelas tekstur (USDA), didominasi oleh tanah tekstur lempung berpasir dengan kelas ukuran butir berlempung kasar dan bergradasi baik.

Keywords


ukuran butir, tekstur, lempung, tutupan lahan

Full Text:

PDF

References


Allen, R.G., L.S. Pereira, D. Raes, and M. Smith. 1998. Crop evapotranspiration. Guidelines for computing crop requirement. FAO Irrigation and Drainage. Paper no. 56, Rome, Italy. 300p.

Fredlund D.G., Anquing Xing, And Shangyan Huang, 1994. Predicting The Permeability Function For Unsaturated Soils Using The Soil-Water Characteristic Curve. Canadian Geotechnical Journal, 31(3) 1994. h. 521-532.

Hardjowigeno S., 1987. Ilmu Tanah. PT. Medyatama Sarana Perkasa Jakarta.

Notodarmodjo, S., 2005. Pencemaran Tanah Dan Airtanah. Penerbit Itb. Bandung. 487 hal.

Sudjatmiko, 1972. Peta Geologi Lembar Cianjur, Jawa, Skala 1:100.000. Direktorat Geologi, Bandung.

Syarief S. 1989. Fisika Kimia Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bandung.

Wesley, L. D., 1977. Mekanika Tanah. Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta Selatan. 182 hal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.