KETERDAPATAN MINERALISASI EMAS DI DAERAH TAMBANG PAMBALUAN DAN SIMPANG DINGIN, PASAMAN, SUMATERA BARAT

Iwan Setiawan, Sri Indarto, Sudarsono -

Abstract


Tambang Pambaluan dan Simpang Dingin, terletak di Sayap Barat Pegunungan Bukit Barisan, disusun oleh batuan-batuan volkanik berumur Oligo Miosen yang berhubungan dengan pembentukkan urat-urat kuarsa dan batuan-batuan teralterasi (tipe propilitik dan argilik) yang berasosiasi dengan mineralisasi hidrotermal emas dan logam dasar. Urat dijumpai berukuran 50
cm sampai 30 meter di kedua daerah ini, namun dari hasil analisis, kandungan emas antara SD 04 C dan PS 16 C, adalah 3 Ppb dan 400 Ppb. Pengukuran mikrotermometri pada inklusi fluida kedua lokasi menunjukkan suhu homogenisasi antara 225°C-339°C di daerah Tambang Pambaluan, sedangkan di Simpang Dingin memiliki suhu homogenisasi 189°C-303°C. Kedua lokasi tersebut memiliki potensi untuk pengendapan emas tipe epitermal-mesotermal.

Keywords


Tambang Pambaluan, Simpang Dingin, alterasi propilitik dan argilik, tipe epitermal mesotermal

Full Text:

PDF

References


Hamilton,W.B.., 1979, Tectonics of the Indonesian region, US Geol.Surv. Prof. Paper, 1078,345pp.

Rock, N.M.S., Aldiss, D.T., Aspden, J.A., Clarke, M.C.G., Djanuddin, A., Kartawa, W., Miswar, Thompson, S.J., Whandoyo, R., 1983, Peta Geologi Lembar Lubuksikaping, Sumatra, skala 1 : 250.000, Puslit Geologi, DPE, Bandung.

Sunarya, Y, 1991, The Strategy of Mineral Exploration In Indonesia Toward The Year 2000 : An Evaluation Of The Present Geological Knowledge Of Indonesia.

Zulkarnain, Indarto, Sudarsono dan Setiawan, 2005, Geochemical Signatures Of Volcanic Rocks Related To Gold Mineralization; A Case Of Volcanic Rocks In Pasaman Area, West Sumatera, Indonesia, RISET - Geologi dan Pertambangan Jilid 15 No.1 Tahun 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.