MEMBANGUN DATABASE SPASIAL UNTUK MENUNJANG PENELITIAN DI PUSLIT GEOTEKNOLOGI-LIPI

Yunarto -, Agus M Riyanto, Igna Hadi

Abstract


Sebagai lembaga penelitian di bidang ilmu kebumian, Puslit Geoteknologi-LIPI telah banyak melakukan kajian-kajian yang berkaitan dengan bidang tersebut antara lain bidang mineral, geologi teknik, geofisika, air dan tanah, yang hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional. Untuk menunjang penelitian tersebut, pada umumnya para peneliti telah memanfaatkan data SIG sebagai bahan penelitiannya, namun hingga saat ini data tersebut masih banyak dipegang oleh masing-masing peneliti. Hal ini akan dapat menyulitkan dalam proses pengkoleksian maupun pencarian. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem database spasial yang dapat menghimpun data secara terpusat, menganalisis, menyajikan data dan dapat diakses melalui jaringan LAN dengan modus client-server dua lapis (two tier). Dengan adanya sistem ini, para peneliti dapat dimudahkan dalam memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Metoda untuk membangun sebuah sistem database, digunakan system development life cycle (SDLC) atau daur hidup pengembangan sistem. Secara garis besar Metoda ini terbagi dalam
tiga kegiatan utama, yaitu: analisis, perancangan, implementasi. Dalam implementasinya sistem ini akan dicoba pada jaringan komputer.

Keywords


Data SIG, database, akses, client server, peneliti

Full Text:

PDF

References


Balia, L.M. 1996. Otomatisasi Administrasi Wilayah Pertambangan : Contoh Pemanfaatan Teknologi Sistem Infomasi Geografis Dalam Meunuju Era Globalisasi, Prosiding Seminar Nasional Geoteknologi III, Bandung. Hal:1 -9.

Fathansyah. 1997. Buku Teks Ilmu komputer: Basis data, Informatika, Bandung.

Harmantyo, D. 2004. Strategi Manajemen Sumberdaya Sistem Informasi Geografis (SIG), Rapat Koordinasi Teknik Sistem Informasi Geografis BAKOSURTANAL, Jakarta, 13 Mei 2004.

Jogiyanto H.H., 1990. Analisis dan desain sitem informasi: pendekatan terstruktur Teori dan praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta.

Kristanto A.2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Penerbit Gava Media.

Ladjamudin, Bin Al Bahra. 2005. Analisis dan Desain Informasi, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

MapInfo Professional. 1995. User’s Guide, MapInfo Corp. Troy, New York, USA.

MapInfo Professional. 1998. Reference Manual, MapInfo Corporation. Troy New York.

MapInfo Professional. 1998. User’s Guide, MapInfo Corporation. Troy New York.

Oetomo, B.S.D. 2002. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Peneribit Andi Yogyakarta.

Prahasta, E. 2001, Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.