POTENSI SUMBERDAYA MINERAL KAWASAN KARST GOMBONG SELATAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGELOLAAN KAWASAN LINDUNG

Chusni Ansori, Saefudin -, Arif Mustofa Nur, Kristiawan Widiyanto

Abstract


Kawasan karst Gombong selatan termasuk dalam rangkaian Pegunungan Serayu Selatan dengan kondisi geologi menarik. Pada kawasan ini didapatkan potensi sumberdaya mineral berupa batugamping, kalsit, andesit, fosfat, mangan, tras, bentonit serta cebakan emas. Keterdapatan potensi sumber daya mineral menjadikan kawasan ini menarik banyak pihak untuk melakukan eksploitasi. Potensi batugamping, mangaan dan fosfat banyak diburu inverstor. Berdasarkan Kepmen ESDM No. 961.K/40/MEM/2003 kawasan ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Lindung karena mempunyai fenomena alam yang unik dan langka serta mempunyai nilai penting bagi kehidupan dan ekosistim. Pada kawasan ini telah dibuat tata ruang kawasan yang mencakup 3 zone berupa kawasan karst Kelas I, II dan III. Karst kelas I mencakup sekitar 75 % luas kawasan yang harus terbebas dari aktifitas penambangan dan budidaya. Aktivitas penambangan andesit, batugamping, kalsit, fosfat serta sebagian besar sebaran potensi sumberdaya mineral berada pada kawasan karst kelas I. Untuk itulah perlu dilakukan kajian pengelolaan sehingga fungsi kawasan lindung dapat berjalan.

Keywords


Karst Gombong Selatan, kawasan lindung, sumber daya mineral, pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Asikin S, Handoyo A, Busana H, Gafoer S , Peta Geologi Lembar Banyumas, Jawa Tengah, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung (1992).

Anonim, Penataan Teknis dan Pengembangan Kawasan pertambangan di daerah Karst Kebumen, Dinas Pertambangan Propinsi Jawa Tengah, (2004).

Anonim, Studi Potensi Tambang di Kabupaten Kebumen, BAPEDA Kebumen, (2004).

Ansori C, Nur A.M, Widianto K, Laporan Teknis Penelitiaan Potensi Bahan Galian Industri di Rangkaian Peg. Serayu Selatan, BIKK-LIPI, Kebumen (2007).

Van Bemmelen, R.W.,. Geology of Indonesia, Vol. I A, : General Geology, Martinus Nijhof, The Haque, 684p. (1949).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.