BATU KAPUR DAN ABU SEKAM PADI IR 64 SEBAGAI SUMBER CALCIUM SILICATE HYDRATE GSM I.INTUK BINDER,SKERAMIK EARTHENWARE

Dewi Fatimah

Abstract


Pada umumnya binders keramik berupa fused silica yang berasal dari bahan-bahan keramik seperti kuarsa, clays maupun feldspar dari hasil proses sintering pada suhu tinggi (>1000"C). Untuk membuat keramik dengan suhu bakar <1000oC (earthenware) diperlukan binders yang sesuai dengan kondisi tersebut. Seperti pada pembuatan keramik fungsional berbasis zeolit, dimana zeolit akan collaps jika dipanaskan >900oC, maka diperlukan binders yang sesuai. Binders yang digunakan untuk maksud tersebut bersumber dari kapur dan abu sekam padi. Sekam padi merupakan limbah pertanian yang cukup melimpah dan dapat digunakan sebagai bahan baku dengan jumlah yang tak terbatas. Sekam berupa senyawa organik yang mengandung silikon, melalui proses pembakaran ini dihasilkan silika (SiO2) amorf. Silika dalam bentuk amorf sangat penting dalam industri karena dalam bentuk amorf silika sangat reaktif. Dengan adanya molekul CaO yang berasal dari bahr kapur, membentuk Calcium Silicate Hydrate (CSH) yang berperan
sebagai semen hidrolik. Dari analisis SEM dapat diamati CSH telah terbentuk mulai suhu bakar 700 "C hingga 900 oC dengan struktur zeolit tetap utuh, sebagaiman sifat alamiahnya.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1983. Kapur Untuk Bahan Bangunan. Petunjuk Teknis Manuslcrip Standari 9il. Departemen perindustrian.

Ahmad, S. 2001. Bahan Batat Keramik. Bandung: Balai Besar penelitian dan frng"*Uu,igun Industri Keramik.

Anonim (2001) The American Ceramic Society, Anna Maria Island, Florida, Nov.200l, pl.Se-72.

Dewi Fatimah dkk (2005), Laporan penelitian (In House Research), Keramik pori Berb'ahan Baku Mineral Silikat AIam, Geoteknologi_Lpl.

Heru Harso no, 20 02, Synte s is of Amo rp ho from Outer Shell of Rice Seeds Jirnat^-SILIVUili " on DASAR, Vol. 3 No.2, 2002: 9g-103 J_oelianingsih (2004) peninglcatan Kualitas

Genteng Keramik dengan penambahan Sekam Padi dan Daun Bambu, pps 702, Sekolah Pasca Sarjana/S3 IpB.

K.Baltakys et.al. Materials Science-poland, Vol. 25,

No. 3, 2007.

Hartono, YMV. 2001. pemakaian dan Pengembangan Bahan Baht Dalam Industri Keramik. Jurnal Keramik &n Gelas Indonesia, vol l, No. l, 1992.

Hartomo A.J. (1994), Matgenal Keramik Modern, Cetakan ke-I, Andi Offset, yoryakarta.

Hara, et-al, 1986, Utilization of Agriwastesfor Building Materials, International Research and Development Cooperation Div., AISI MITI, Japan.

Houston,D .F, 1 97 2, R-ic1 Chemis try and Technol ogt,

Amcrican Association of Cereal Chemist.Inc,* Minnesota.

Shofiyatun,S., 2000, Optimast Sintesa Serbuk Keramik SiC dari Bahon Baht Silika Amorf, Slcripsi-FMIPA Universitas Brawijaya, Malang.

Tarigan, R. dan Husni, M. (1986), pemanjaatan Abu Sekam Padi Limbah pedesaan uituk pentbuatan Sodium Silikat, Laporan penelitian, Jurusan Teknik Kimia ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.