Earth And Aquatic Resources Information System (EARIS) : Pengembangan Bank Data Digital Dan Aplikasi GIS Berbasis Web

Igna Hadi, Agus Men Riyanto, Bambang Setiadi

Abstract


Paper ini menjelaskan mengenai studi kasus pengembangan Bank Data Digital dan Aplikasi Web GIS yang merupakan bagian dari sistem infonnasi ilmu kebumian di lingkungan Kcdeputian Dmu Kebumian Lembaga Dmu Pengetahuan Indonesia (IPK LIPI). Sistem informasi ini diberi nama Earth and Aquatic Resources information System (EARIS). Analisis terhadap basil kegiatan pengembangan sistem informasi tahun sebelumnya telah kami lakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendaJa yang ditemui dan hasil yang berhasil diraih. Kegiatan studi kasus ini melibatkan pula proses analisis kebutuban, studi literatur dan pengembangan sistem informasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh fakta bahwa organisasi membutuhkan lebih dari sekedar website dan aplikasi sistem informasi yang berkonteks ilmu kebumian. Sudah saatnya kedeputian IPK LIPI memiliki sebuah sistem corporate knowledge managemelll yang dapat membantu beradaptasi terhadap dunia penelitian yang dinamis dimana teknologi dan inovasi terus berubah. Karena itu tahun ini dilakukan sebuah upaya untuk memulai proses pengembangan sistem knowledge management dalam bentuk pengembangan Bank Data Digital yang merupakan sebuah knowledge repository yang berlingkup corporate. Selain itu, dikembangkan pula aplikasi Web GIS yang merupakan aplikasi spesifik ilmu kebumian untuk menjawab kebutuhan organisasi dalam pengelolaan data spasial. Aplikasi Bank Data Digital dan Aplikasi Web GIS sesungguhnya merupakan sebuab inisiatif untuk menyediakan sebuah media berbasis teknologi informasi dan komunikasi bagi individu organisasi IPK UPI untuk melakukan ekstemalisasi pengetahuan yang mereka miliki dalam bentuk dokumen digital. Adanya fasilitas ini juga dibarapkan akan mendorong tumbuhnya budaya sharing ilmu pengetahuan serta menghindari penumpukan ilmu pengetahuan yang tidak tennanfaatkan .

Full Text:

PDF

References


Becerra-Fernandez, I & Sabherwal , R (2006). ICT and Knowledge Management, Encyclopedia of Knowledge Management, Hershey: Idea Group Reference.

Tsui, E (, 2005). The role of IT in KM: where are we now and where are we heading ?, Journal of Knowledge Management Vol 9 No.I.

Clarke, T & Rollo, C (200I). Corporate initiatives in knowledge management, Journal of Knowledge Management, Volume 43 Number 4/5, MCB University Press.

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995).The knowledge creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. New York: Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.