MONOGRAFI BATUAN VOLKANIK SEGMEN SELATAN SUMATERA, Daerah Bengkulu Di Sayap Barat Pegunungan Bukit Barisan

Sri Indarto, Iskandar Zulkarnain, Sudarsono -, Iwan Setiawan, Fikri M Fiqih, Ahmad Fauzi Ismayanto, Lina Nur Listiyowati, Mutia Dewi Yuniati

Abstract


Kegiatan Penyusunan Monografi Batuan Volkanik Indonesia merupakan kegiatan lanjutan dari penelitian genesa dan potensi mineralisasi emas hidrotermal di Sayap Barat Pegunungan Bukit Barisan yang telah dilakukan sejak tahun 2003 hingga tahun 2006. Keberadaan jenis endapan logam di dunia hampir semua berasosiasi dengan batuan volkanik proses pembentukannya selalu berkorelasi dengan proses magmatik. Kondisi ini memberikan indikasi bahwa endapan sumber logam yang dieksploitasi hingga sekarang adalah magma. Oleh karena itu, batuan volkanik yang merupakan produk kegiatan magmatik merupakan kunci unlllk memahami pembentukan berbagai tipe endapan logam. Konsep eksplorasi mineralisasi endapan logam yang telah dihasilkan dalam penelitian sebelumnya didasarkan pada keuoikkan karakter geokimia batuan volkaoik yang membawa mineralisasi yang berbeda dari batuan volkanik yang tidak membawa mineralisasi (barren). Penerapan konsep ini akan sangat memerlukan adanya suatu monografi batuan volkanik di Indonesia yang hingga sekarang belum pernah dibuat. Hal ini dirasa akan sangat bermanfaat dalam berbagai kegiatan pembangunan yang terkait dengan potensi produk volkanik. Data penyusunan monografi ini akan diambil dari segmen selatan Sumatera yang salah satunya yaitu daerah Bengkulu.

Keywords


Monografi, volkanik, mineratisasi, pembangunan, segmen selatan, Bengkulu

Full Text:

PDF

References


Carlile, C.J., and Mitchell. A.H.G., 1994, Magmatics arcs and associated gold and copper mineralization in Indonesia. In T.M. van Leeuwen, J.W. Hedenquist, L.P. James and J.A.W.S. Dow (Editors), Indonesian Mineral Deposits-Discoveries of the Past 25 Year., Jour. Geochem. Explo.,50: 91-142.

Gafoer, S., Amin, TC., dan Pardede, R., 1992, Kastowo, Gerhard, W., Leo, 1973, Pela geologi Lembar Be11gkulu. Sumatera, skola I : 250.000, P3 Geologi Bandung.

Js kandar Zulkamain, Sri lndarto, Sudarsono, Iwan Setiawan, dan Kuswandi, 2006, Karakler geokimia batuan volkanik pembawa minera/isasi di Sayap Barat Pegunungan Bukit Barisan SrJmater, Kasus : Daerah Lebong Tandai, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu, Laporan penelitian Puslit Geoteknologi - UPI, Bandung.

Kusnama, R., Pardede, S., Andi Mangga, Sidarto, 1992, Peta geologi lembar Sungai Penuh dan Ketaun, Sumatra. seka/a 1 : 250.000. PPPG, Bandung.

Rock, N.M.S., Aldiss, D.T., Aspen, J.A., Clarke, M.C.G., Djunuddin, A., Kartawa, W., Miswar, Thompson, S.J., Whandoyo, R.,1983, Peta Geologi Lembar Lubuksikaping, Sumatra, Puslitbang Geologi, Bandung.

Silitoe, R.H., 1989. Gold deposits in we.stern Pacific island arcs: The magmatic connection, Econ. Geol. Monogr., 6: 274-291.

Sri lndarto, lskandar Zulkamafo, Sudarsono, !wan Setiawan, dan Kuswandi, 2004, Genesa dan potensi emas dan logam dasar df Sayap Barat Pegunungan Bukit Barisan : Kasus daerah Kabupaten Rejang, Lebong dan sekitamya, Bengkulu, Laporan penelitian Puslit Geoteknologi- LIPI, Bandung,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.