Pengembangan Sistem Informasi Peringatan Dini Sosial Berbasis SIG Untuk Nangroe Aceh Darussalam

Y Yunarto, Hilda Lestiana, S Suwijanto

Abstract


Ketidakpuasan masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) atas kehidupan sosial ekonorni yang tidak menguntungkan akibat adanya perlakuan satu pihak pada pihak lainnya, sehingga ada pihak yang merasa dirugikan (tidak adil) dan kehilangan berbagai milik atau hak yang dirampas oleh pihak lain terjadi dalam kurun waktu cukup lama. Kondisi sosial ekonomi seperti ini, akan dapat menimbulkan persoalan baru, yang pada gilirannya akan mengarah pada pengerahan masa yang lebih besar dan akan banyak korban berjatu­ han di kedua belah pihak yang berselisih, baik jiwa maupun harta benda. Untuk itu pembuat kebijakan harus segera tanggap atas setiap persoalan yang mucul dan melakukan tindakan preventif, agar dampak negatifnya dapat diantisipasi. Untuk mengantisipasi, pembuat kebijakan perlu dibekali sebuah alat yang dapat mengkaji perubahan-perubahan yang terjadi di sebuah masyarakat, yang diberi nama "sistem  informasi  peringatan dini sosial (SIPOS) atau Social Early Warning Information System (SEWIS) berbasis SIG. SEWIS dapat mem­berikan inforrnasi kondisi kehidupan sosial masyarakat NAD, seperti anomie, modal sosial, deprivasi, tata pemerintahan, perilaku kolektif dan kondisi kehidupan sosial ekonomi, yang secara spasial dan tabulasi den­ gan cepat dan tepat dapat direpresentasikan.


Full Text:

PDF

References


Balia, L.M., 1996, Otomatisasi Administrai Wilayah Pertambangan: contoh pemanfaatan teknologi sistem informasi geografis dalam menuju era globa lisas i, prosiding seminar nasional UI, Puslitbang Geoteknologi - LIPI.

Borrough, P.A., 1986, Priciple of Geographical In­ formation System for Land Resource Assesment, Clarendon Press, Oxford.

Imron, M., 2006, Social Early Warning (SEWS) un­ tuk Ketahanan Masyarakat Aceh Tenggara dan Aceh Tengah, Seminar nasional Social Ea.rly Warning System dan Ketahanan Masyarakat di Propins1 Nanggroe Aceh Darussalam, Puslit Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya - LIPI berkerjasama dengan Badan Pelaksana Rehabili­ tasi dan Rekonstruksi Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Maplnfo Professiona.1, 1998, Reference Manual, Maplnfo Corporation, Troy New York.

Maplnfo Professional, 1998, User's Guide, Maplnfo Corporation, Troy New York.

Paryono, P., I994, Sistem Infonnasi Geografis, Andi Offset Yogyakarta.

Prahasta, E., 200I, Konsep-konsep Dasar Sistem lnformasi Geografis, Informatika Bandung.

Syahra, R., 2006, Penelitian dan Pengembangan Sistem Peringatan Dini untuk Rekonstruksi Sosial dalam rangka peningkatan Ketahanan Masyarakat di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam : Background paper, Seminar nasional Social Ea.rly Wammg System dan Ketahanan Masyarakat di Propins1 Nanggroe Aceh Darussalam, Puslit Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya - LIPI berkerjasama dengan Badan Pelaksana Rehab1litasi dan Rekonstruksi Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sukarno, M., 2006, Social Early Warning (SEWS) untuk Ketahanan Masyarakat Aceh Utara dan Pidie, Seminar nasional Social Early Wamin$ System dan Ketahanan Masyarakat di Propins1 Nanggroe Aceh Darussalam, Puslit Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya - LIPI berkerjasama dengan Badan Pelaksana Rehabilitas1 dan Rekonstruksi Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sukmayadi, D., 1995, Tinjauan Pe.rsyaratan Teknis Perangkat Lunak Sistem Informasi Geografik (SIG), makalah short course geographic mformation system PIKSI 1TB, 21-23 November 1995.

Supratman, D., 2001, Pengantar Sistem Informasi Geoiu:afi, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geofogi, Badan Pendidikan dan Pelatihan Energi dan Sumberdaya Mineral, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral.

Suwijanto, Yunarto, Lestiana, H., 2006, Sistem Peringatan Dini (Social Ea.rly Warning System), Representasinya dalam SIG, Seminar nasional Social Early Warning System dan Ketahanan Masyarakat di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Puslit Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya - LIPI berkerjasama dengan Badan Pelaksana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.