Pengkajian Daerah Resapan DAS Luk Ulo, Kabupaten Kebumen

S Saifudin, Chusni Ansori, Defry Hastria

Abstract


Daerah resapan adalah wilayah yang mempunyai kemampuan tinggi untuk meresapkan air hujan , sehinggga merupakan tempat pengisian air kedalam tanah yang berguna sebagai sumber air. Sun gai Luk Ulo mempunyai debit pada musim penghujan dan musim kemarau yang sangat menyolok perbedaannya, pada musim hujan besar sedangkan pada musim kemarau air sungai sangat kecil. Hasil penelitian menunjukkan kapasitas infiltrasipotensial di DAS lokidang di daerah Srisip Watubelah, Sub-DAS Loning di daerah Pasodongan dan daerah Simpessedangkan Sub-DAS Maetan di daerah Lamuk atas dan daerah Gintung Daerah-daerah ini merupakan daerah Dengan peresapan air kedalam tanah yang sangat tinggi, kemiringan Jereng yang tidak begitu curam, struktur geologi yang tidak kompak dan pohon  yang  besar  dan  rapat, sehingga  infiltrasi air kedalam  tanah yang cukup besar bisa tersimpan dan  tertahan oleh perakaran yang kuat sehingga kestabilan lereng juga aman, maka aliran airtanah ini sangat bermanfaat untuk kontinyuitas potensi sumberdaya air sepanjang tahun.


Keywords


daerah resapan, Luk Ulo

Full Text:

PDF

References


Arsyad, S., (1989). Konservasi Tanah dan Air.

Penerbit IPB, Bogor.

Body, D.N., (ed.), 1982, _Application of Results from representative and Experimental basins IHP Working Group Project 4.1, Unesco, Paris.

Brechtel, H.M. 1976, _Aplica tion ofan Inexpensive Doble Ring Infiltrometer_, pp. 99 102. In Kunkle, S.H., and J.L. Thames. Hydrological and Techniques for Upstream Conservation. FAO of the U.N, Rome

F.J. Kwak and Romijn, 1972, "Geohidrology ", ILRI, Wageningen- The Netherlands.

Falkland A, 1991, Hydrology and Water Resources of small island, a praktical guide. Studies and reports on Hydrology no. 49, Paris, France 435 bal.

Falkland A, 1995, Water Resources assesment, development dan maagementt for small tropical islaud. Training workshop on water resources assesment and devolepment in small island and the coastal zone di P. Pari dan Bandung.

Gamg, S.K. 1977, Water resources Hydrology", Publicher New Delhi.

Sartohadi, J., 2001. Geomorphological Analysis For Soil Mapping Using Remote Sensing And Geographic lnfonnation Systems: A Case Study ln Western Gunungkidul, Yogyakarta­ lndonesia. Dissertation. Leopold Franszens University of Innsbruck, Austria.

Sartohadi, J., dan N. Rabardjo, 2004. Hubungan Bentuklahan dn Tanah Melalui Pendekatan Bentuklahan Secara Faktorial. Majalah Gama Sains Vol I 2004 .U.S. Govt. Printing Office, Washington DC.

Knapp, BJ., 1978, _Infiltration and Storage of Soil Water_, pp. 4472. In M.J. Kirby (ed) Hilslope Hydrology. John Willy and Sons. New York.

Supriyo Ambar, 1991, Panduan Pengkajian dan Rencana Pengelolaan Daerah Resapan, Gadjah Mada, Yogyakarta.

W.M.O., 1974, Guide to Hydrological

Practice_, WMO168, Geneva Switzerland.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.