Studi ldentifikasi Potensi Sumberdaya Air di Kabupaten Jepara

Priyo Hartanto, Dedi Mulyadi, Defry Hastria, Saifudin -

Abstract


Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air untuk kehidupan diperlukan data yang memadai tentang potensi sumbe rdaya ai. Permasalahan yang berkaitan dengan sumberdaya air ditandai dengan menurunnya kualitas dan semakin sering terjadi bencana seperti banjir, longsor dan kekeringan. Metodologi penelitian meliputi, lnterpretasi citra, ceking lapangan, pengukuran debit, infiltrasida, uji akifer,dan analisa kualitas air di lapangan dan laboratorium. Ketersediaan sumberdaya air dilakukan berdasarkan konsep DAS. Hasil yang diperoleh, Pe ta potensi air per DAS, Peta aliran air tanah, Peta potensi air tanah dan neraca airĀ  untuk berbagai kepen tingan. Berdasarkan dari basil perhitungan potensi sumberdaya air di kabupaten Jepara mencukupi kebutuhan untuk domistik, maupun untuk pertanian dengan menggunakan pergiliran tanaman, dan perlu penataan karena penyebarannya air tidak merata.

Keywords


identifikasi, potensi, air, Jepara

Full Text:

PDF

References


Arsyad, S., (1989). Konservasi Tanah dan Air.

Penerbit IPB, Bogor.

Body, D.N., (ed.), 1982, Application of Results from Representative and Experimental Basins IHP Working GroupProject 4.1, Unesco, Paris.

Brechtel, H.M. 1976, Ap/ication of an Inexpe11Sive Doble Ring /nfi/trometer, pp. 99 102. In Kunkle, S.H., and J.L. Thames. Hydrological and Techniques for Upstream Conservation. FAO of the U.N, Rome.

F.J. Kwak and Romijn, 1972, Geohidrology, ILRl,

Wageningen- The Netherlands.

Falkland A, 1991, Hydrology and Water Resources of Small Island, a praktical guide. Studies and reports on Hydrology, no. 49, Paris, France 435 hal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.