Zeolit Alam Sebagai Pencampur Pupuk Kandang

Lenny Marilyn Estiaty

Abstract


Telah dilakukan penelitian pembuatan pupuk kandang dengan memakai zeolit sebagai bahan pencampur untuk melihat kelebihan dan kekurangannya dari produk pupuk kandang yang di hasilkan. Proses dilakukan dengan bcrbagai variabel yaitu ukuran besar butir zeolit, konsentrasi zeolit dan waktu  pemeraman. Hasil yang didapatkan bahwa  ukuran besar butir zeolit - 7 + 10 mesh dan - 20 + 48 mesh tidak begitu berpen­ garuh  pada  pupuk  yang  dihasilkan   Pupuk kandang yang dicampur zeolit sangat cepat kering, hanya dalam pemeraman 2 minggu kadar air dalam pupuk kandang telah mencapai sekitar 5%-6%, sedangkan pada kontrol baru mencapai 70 %. Selain itu kandungan kalium pupuk kandang yang dicampur zeolit lebih tinggi daripada kontrol yaitu sekitar I.7% - 2% . Namun penambahan zeolit pada kotoran hewan mempercepat penguapan NH3, sehingga unsur N lebih rendah. Dari hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa zeolit tidak boleh ditambahkan pada kotoran hewan segar, penambahan zeolit boleh dilakukan pada saat pupuk akan dipergunakan, sehingga dapat mengeffisiensikan pemakaian unsur hara yang terkandung.


Full Text:

PDF

References


Barrer R. M ( 1978) Zeohtes and Clay Minerals as Sorbents and Molcculer S,evcs. Academic Press. London.

L.B. Sand and F.A Mumpton (1978) Natural Zeohte, Occur­ ancc Propcn,cs, use Pergamon 45I - 462. Bandung ; Pusat Pengcmbangan Teknolog1 Mineral, 1990.

Ojadjuh,Apud, The Repon of Zeolite Utilization as a layer of Chicken at Taman Temak Ragunan_ Ok,- Jakarta.

Goto, I., 1990.The Application ofZeolite In Agnculture : Ef­ fects ofzeolite on s011 improvement. Zcolite, 7 (3) 8-15.

Pusat Pengcmbangan Tekn ologi Mineral 1990 Kegunaan dan Prospck Zcoltt d1 lndoncs,a. Laporan Ekonom, Bahan Ga­ han, No 72.

Raymond W Miller, Roy L. Donahue, Sotls An introduction To Sotls And Plant Growth, Sixth ed1tton, Practice - Hall International Editions, 251-267 (1990).

Suward,, et al The quality of Natural Zcolttes from Japan and Indonesia and Their Applocauon Effects for Soil Amend­ ment Jour Agn Sc, Tokyo Nogyo On,gaku, 39 (3), 133-

(1994)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.