Analisis Penyebab Ketidakmantapan Lereng di Sekitar "Power House" PLTA, Tulis, Banjarnegara, Jawa Tengah

Sunarya Wibawa, Yugo Kumoro, Sudaryanto Martosuparno

Abstract


Studi Kemantapan Lereng di sekitar ''Power House" PLTA. Tulis di Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dilakukan untuk mengetahui dan memaharni parameter-parameter yang mempengaruhi terjadinya gerakantanah yang terjadi disamping untuk meodapat gambaran  secara  kuantitatif  tindakan  a, pa yang  perlu/mungkin   dilakukan  untuk menjaga  kemantapan  lereng   tersebut.  Mletode  analisis  kemantapan   Iereng yang digunakan adalah metode kesetimbangan Hoek and Bray, dengan " circular failur chart''. Dari penelitian ini temyata bahwa pengaruh dari getaran lalu-lintas tidak merupakan penyebab Iangsung terjadinya longsoran. Longsoran lebih banyak disebabkan oleh parameter kuat geser dari tanah yang ada (kohesi dan sudut geser dalam), getaran/gempa, batuan/tanah serta kondisi keairan. Indikasi gerakan tanah ditunjukkan dengan adanya retakan pada dinding/lereng  saluran pipa pada beberapa tempat. Diperkirakan retak-re:tak tersebut disebabkan oleh kondisi batuan/tanahnya yang bersifat "Swee ting Clay" . Secara umum kemiringan lereng daerah ini berkisar antara 30°-50°. Kondisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan longsoran, sehingga dapat mengganggu saluran air untuk memutar turbin pada rumah  pembangkit.  Pengamatan  lapanga111 menunjukkan  bahwa  gejala  longsoran melibatkan tanab penutupnya , di bagian hawahny (batuan dasar) berupa lempung abu-abu dengan sisipan batupasir dari Fo1rmasi Rambatan. Data ini ditunjang oleh basil peogukuran sondir pada 5 titik yang memberkan gambaran bahwa lapisan lempung keras dijumpai pada kedalaman 3-7 meter.


Keywords


lereng, gerakantan,ah keteknikan, fnktor keamanan, bidang gelincir

Full Text:

PDF

References


Hoek E., and Bray. J.W., 1981. Rock Slope Engineering, The Institution of Mining and Metalurgi, London.

Hartono, dkk, 1994. Gerakan Tanah di Daerah Bantar Kawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Prosiding Hasil Penelitiai Puslitbang Geoteknologi LIPJ, Bandung.

Ito, T., Matsui, T., Hong, W. P. 1981. Design Metho,d for Stabilizing Piles Against Landslide One Row of Piles. Soil and Found. 21. p. 21-37.

Najoan, TH.F., dkk, 1981. Petunjuk Sederhana Dalam Studi Kestabilan Lereng, Pertemuan pembahasan Tanah Longsor.

Sarah, D., dk,k. 2004. Studi Kasus Longsoran di daerah Banjarnegara - Karangkobar, Jawa Tengah,

Laporan Penelitim Puslit Geoteknologi LIP!.

Taylor, D. W. 1937. Stability of Earth Slopes.J. Boston Soc. of Civ. Engrs. 24(3). p. 337-386.

Yugo Kumoro, dkk., 2004. Studi Gerakan Tanah Pacla Badan Jalan di Kawasan "Power House" Waduk Tulis, Banjarnegara, Jawa Tengah. Laporan Pen,eli tian Puslit Geoteknologi LIP!.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.