Deformasi Kerak Bumi Segmen-Segmen Sesar Cimandiri

Eddy Zulkarnaini Gaffar

Abstract


Indonesia bagian Barat dikenal dengan fenomena tektonika yang cukup menarik dimana penunjaman yang terjadi memanjang dari bagian Barat Sumatra hingga Selatan Jawa. Peristiwa gempa bumi. yang berkekuatan 5,1  pada  sekala Richter terjadi pada tahun 2001 yang mengakibatkan kerusakan pada bangunan dan rumah tinggal di daerah Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu rangkaian peristiwa yang berkaitan dengan tektonika Sumatra dan Jawa. Lokasi penelitian dilakukan pada sebagian zona sesar Cimancliri, sungai Cicareuh. dan Cicatih, penelitian terinci daerah sesar Cimandiri muara  sungai  Citarik  yang  merupakan bukti tektonik yang paling muda dan interpretasi foto udara daerah Pelabuhan Ratu sampai Padalarang. Interpretasi Foto Udara digunakan untuk penentuan kelurusan zona  sesar  Cimandiri.  Sesar  Cimandiri  dapa1t  dibagi  menjadi  beberapa  segmen mulai  dari  Pelabuhan  Ratu  sampai  PadalaranJg.  Segmen-segmen  sesar  Cimandiri tersebut adalah segmen sesar Cimandiri Pelabuhan Ratu-Citarik, Citarik­ Cadasmalang,   Ciceureum-Cirampo,  Cirampo-Pangleseran,   Pangleseran-Cibeber, dan beberapa segmen Cibeber sampai Pad:alarang serta segmen Padalarang­ Tangkuban Perahu yang dapat diamati sebagai lembah sungai yang berarah hampir timur-barat dan membelok kearah timur laut mulai dari  Cibeber  kearah  timur. Analisa struktur geologi memperlihatkan bahwa ada beberapa gaya kompresi yang ada yaitu gaya kompresi berarah U3l 2°T, U28°T dan U72°T. Disamping itu sesar yang berarah barat- timur ini dipotong oleh  sesar  yang  berarah  timur  laut-barat daya. Sesar yang berarah timur laut-barat daya tersebut merupakan lajur sesar yang berumur relatif lebih m\)da dari sesar utama Cimahdiri. Diantara lajur sesar yang berarah timur laut-barat daya adalah lajur sesar Citarik yang kemungkinan menerus sampai ke wilayah Bogor dan Jakarta dan lajur sesar Cibadak melalui lokasi daerah longsor Warungkiara menerus sampai kota Cibadak dan desa Nagrak yang pemah dilanda gempa pada tahun 2002. Apabila terjadi gempabumi  pada  lajur sesar  ini akan merusak daerab yang Jabil tersebut.

Full Text:

PDF

References


Anderson, E.M. 1951. The Dynamics of Faulting an1d Dike Formation with Applications in Britain.

Oliver and Boyd, Edinburgh (2nd ed.).

Baumann P., Genevraye, P., Samuel, I, Mudjito, Sajekti dan Sri, 1973. Contribution to the geological knowledge of Southwest Jawa, Indonesian Petroleum Assoc, 2 nd Ann Co ncention , Jakarta, Proc, hal 105-108.

Djedi, S. Widarto, dkk. 2000. Citra Tahan Jcnis Strul

Effendi, A.C, Kusnama dan Hermanto, B.1998. Peta Geologi Lembar Bogor, Jawa Barat.Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Departemen Pertarnbangan dan Energi, Bandung.

E. Kertapati, dkk.1984. Penelitian Seismotektonik lernbar Jampang-Bogor sekala I : 100.000 sebagai lntar belakang kegempaan Kabupaten Sukabumi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Bidang Geologi Khusus, Urusan Seismote ktonik, Bandung.

Memed Masria, 1984 . Naskah Kompilasi Peta Geologi Jawa Baral Skala I:1.000.000, Bagian Proyek Pemetaan Geologi Tematik, Proyek Geologi Khusus, Puslilbang Geologi Bandung.

Noeradi Oardji, dkk, 1991. Cenozoic Fault Systems and Paleostress along the Cimandiri Fault Zone, West Java Indonesia, Proceeding of the Siilver Jubilee Symposium on the Dynamics of Subduction and Its Products, Research and Development Center for Geotechnology UPI; Yogyakarta p 233-253.

RAB. Sukamto, 1975. Peta Geologi lembar Jamparng dan alekambang, Jawa Skala I : 100.000, Direktorat Geologi, Departemen Pertambangar1 Indonesia, Bandung.

Sudjatmiko, 1972. Peta Gcologi Tjiandjur, Jawa Ska:la I : 100.000, Direktorat Geologi, Departemen Pertambangan Indonesia, Bandung.

Suparka, 1980. Perkembangan Tcktonik Daerah Jarnpang, Jawa Baral Berdasarkan Pengamatan Struktur Geologi, Teknol i lndonesia,jilid Ill No I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.