EVALUASI ALIH FUNGSI TANAMAN BUDIDAYA TERHADAP POTENSI DAERAH RESAPAN AIRTANAH DI DAERAH CISALAK KABUPATEN SUBANG

Rizka Maria, Hilda Lestiana, Sukristiyanti -

Abstract


Daerah Cisalak merupakan kawasan yang sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu pendukung sektor perekonomian masyarakat dari hasil komoditas perkebunan. Namun disisi lain kawasan ini juga merupakan kawasan konservasi resapan airtanah. Akhir – akhir ini alih fungsi tanaman budidaya dari bercocok tanam di ladang menjadi perkebunan sangat gencar dilakukan oleh sebagian masyarakat di Cisalak. Dalam menelitian ini berusaha mengevaluasi alih fungsi tanaman budidaya terhadap kondisi resapan airtanah dengan metode tumpang susun peta jenis tanah, geologi, kemiringan lereng, curah hujan dan tutupan lahan yang telah dilakukan pembobotan. Berdasarkan hasil tumpang susun peta tanah, geologi, lereng, curah hujan dan tutupan lahan tahun (1999 dan 2009) didapatkan nilai kesesuaian lahan resapan airtanah, kesesuaian lahan selama 10 tahun (1999 – 2009) mengalami fluktuasi yaitu penurunan luas kawasan resapan baik sebesar 15.03 %, kenaikan luas kawasan resapan sesuai sebesar 8.26 % dan kenaikan luas kawasan resapan kritis sebesar 6.77 %. Perubahan nilai luas lahan resapan air ini erat kaitannya dengan alih pola tanaman budidaya dari bercocok tanam di ladang menjadi perkebunan. Berkurangnya luas lahan yang dapat meresapkan airtanah dengan baik harus diwaspadai, karena dapat
memicu kenaikan kekritisan lahan di daerah Cisalak Kabupaten Subang. Hal ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah setempat mempertahankan pola tanam yang baik demi lestarinya kawasan resapan airtanah di daerah Cisalak.

Keywords


daerah resapan, tanaman budidaya

Full Text:

PDF

References


Wibowo, 1998. Pengkajian Potensi Resapan Air Menggunakan Sistem Informasi Geografi – Studi Kasus Cekungan Bandung. Tesis Magister di ITB Bandung, tidak diterbitkan.

Winanti, T., 1996. Pekarangan Sebagai Media Peresapan Air Hujan Dalam Upaya Pengelolaan Sumberdaya Air, Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pusat Studi Lingkungan BKPSL, Tanggal 22-24 Oktober 1996 di Universitas Udayana. Denpasar, Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.