PEMBUATAN PROTOTIPE SISTEM INFORMASI KEBUMIAN PUSAT PENELITIAN GEOTEKNOLOGI LIPI

Andarta Fardhanul Khoir, Dedi Mulyadi

Abstract


Pembuatan prototipe sistem informasi kebumian di Pusat Penelitian Geoteknologi ini dimaksudkan agar data-data spasial hasil penelitian dapat terkelola secara sistematis. Data-data spasial yang tersebut diharapkan dapat memberikan masukan bagi maka penelitian-penelitian berikutnya. Kami memulai merancang prototipe ini dengan membuat diagram use case, data flow, dan entity relationship. Berdasarkan ketiga rancangan tersebut, kami memanfaatkan sistem manajemen basis data PostGIS untuk membangun basis data spasial. Selanjutnya data-data spasial yang kami masukkan ke dalam PostGIS, kami kelola menggunakan Geoserver. Geoserver sejatinya kami gunakan untuk mendistribusikan data. Dengan demikian, dapat kami katakan bahwa prototipe sistem informasi kebumian telah kami bangun, walaupun
ada kendala dalam pendistribusian data spasial. Kendala tersebut adalah belum optimalnya pemanfaatan fitur-fitur yang dimiliki oleh Geoserver. Selain itu aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan peneliti sebagai penghasil data spasial dengan pengelola sistem masih belum kami bangun, sehingga proses penyerahan data masih dilakukan secara manual.

Keywords


Basis data spasial, PostGIS, dan Geoserver

Full Text:

PDF

References


Prahasta, Eddy, 2009. Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika). Informatika, Bandung.

Kadir, Abdul, 2009. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional. Penerbit Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.