PENYUSUNAN PETA MIKROZONASI KERENTANAN GERAKAN TANAH BERBASIS PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI WILAYAH KUNINGAN, JAWA BARAT

Yunarto -, Yugo Kumoro, Achmad Subardja

Abstract


Wilayah Kuningan merupakan kawasan yang berada pada jalur pegunungan Jawa bagian tengah dengan tingkat kerapatan terhadap keragaman geologi dan kemiringan lereng yang cukup tinggi. Peristiwa longsor sering terjadi di wilayah ini dengan korban jiwa dan kerugian yang cukup besar. Dengan demikian pemetaan mikrozonasi kerentanan gerakan tanah di daerah ini akan sangat berguna sebagai acuan dasar dalam penyusunan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) di Kabupaten Kuningan berbasis kebencanaan. Kami mencoba menyusun peta mikrozonasi melalui interpretasi citra landsat untuk mendeliniasi daerah rawan bencana gerakan tanah, termasuk daerah yang pernah terjadi bencana longsor, dan analisis tumpang tindih peta rawan bencana terhadap peta-peta tematik sekunder (geologi, kemiringan lereng dan tata guna lahan) dengan menggunakan perangkat Sistem Informasi Geografis, untuk menentukan bobot masingmasing parameter tematik tersebut secara perhitungan statistik. Penjumlahan bobot dari semua parameter tersebut menghasilkan peta mikrozonasi kerentanan gerakan tanah yang dikelompokkan dalam kelas sangat rendah, rendah menengah dan tinggi.

Keywords


kerentanan gerakan tanah, citra lansat, SIG, statistik, peta mikrozonasi

Full Text:

PDF

References


BSN 2005. Penyusunan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah, SNI 13-7124-2005.

Budhitrisna,T., 1986. Peta geologi lembar Tasikmalaya, Jawa Barat, skala 1:100.000. Puslitbang Geologi, Bandung.

Mudrik R Daryono dkk, 2007. Penyelidikan Geoteknik Gerakan Tanah Tipe Rayapan Di Kampung Salawangi, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya. Laporan Penelitian Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI tahun 2007(tidak dipublikasikan).

Djuri, 1995. Peta geologi lembar Arjawinangun, Jawa, skala 1:100.000. Puslitbang Geologi, Bandung.

Kastowo dan Sumarna, 1996, Peta Geologi Lembar Majenang, skala 1:100.000. Puslitbang Geologi, Bandung.

Nichols, D.R., and Edmunson, 1975. Text to Slope Map of Part of West Central King Country. Washington – US.Geol.Survey Misc. Geol. Inv. Map I – 825 – E, Scale 1 : 48.000.

Noor, Djauhari., 2005, Geologi Lingkungan, Graha Ilmu, Yogjakarta Prahasta, E., 2001, Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung.

Silitonga, P. H., Masria, M., dan Suwarna, N., 1996. Peta Geologi Lembar Cirebon, Jawa, skala 1:100.000. Puslitbang Geologi, Bandung.

Tohari A., dkk., 2006. Penelitian Kondisi Kestabilan Lereng Kupasan di Jalan Raya Cadas Pangeran, Desa Cigendel, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang. Laporan Teknis, Kegiatan Penelitian Pengkajian Teknologi Mitigasi Bencana, No.:797D/IPK.1/OT/2006, Sub kegiatan 4977.0345, Pusat Penelitian Geoteknologi-LIPI (tidak dipublikasikan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.