KARAKTERISASI BAWAH PERMUKAAN CEKUNGAN BANDUNGGARUT DENGAN METODE MAGNETOTELURIK

Lina Handayani, Kamtono -, Dadan Dani Wardhana, Karit Lumban Gaol, Yayat Sudrajat, Sunardi -

Abstract


Cekungan Bandung-Garut dikelilingi oleh pegunungan dengan endapan aliran piroklastik dan terpisahkan oleh deretan pegunungan dengan tutupan berupa endapan lava yang lebih muda. Selain itu, data anomali gayaberat Bouguer menunjukkan bahwa Cekungan Bandung-Garut dikelilingi oleh anomali tinggi dan terdapat beberapa tutupan (closure) anomali rendah berada di tengah Cekungan Bandung dan Cekungan Garut. Kondisi demikian menunjukkan bahwa kedua cekungan tersebut dapat merupakan satu sistim dalam proses perkembangan geologinya. Untuk mempelajari dengan lebih baik kedua cekungan tersebut, perlu dilakukan pemodelan bawah
permukaan. Dalam penelitian ini, pemodelan didasarkan pada hasil pengukuran magnetotelurik yang melintasi dua tutupan (closure) anomali rendah . Pengukuran magnetotelurik dilakukan pada 15 titik dalam satu lintasan sepanjang 45 km berarah Barat-Timur (Pangalengan – Garut).
Data hasil pengukuran dan model bawah permukaan menunjukkan formasi bertahanan jenis tinggi yang membentuk dua cekungan di bawah lintasan pengukuran. Selain itu, terdapat tiga lokasi bertahanan jenis rendah pada kedalaman kurang dari 1000 m. Perlu dilakukan lagi pengukuran pada beberapa lintasan, terutama yang memotong lintasan ini untuk dapat menyusun model bawah permukaan yang lebih baik.

Keywords


Cekungan Bandung-Garut, magnetotelurik, pemodelan bawah permukaan, anomali Bouguer

Full Text:

PDF

References


Bronto, S., Hartono, U., 2006. Potensi Sumber Daya Geologi di Daerah Cekungan Bandung dan Sekitarnya. Jurnal Geologi Indonesia, 1 (1), 9-18.

Dam, A.A.C., 1994. The Late Quarternary Evolution of the Bandung Basin, West-Java, Indonesia. Dissertation. Universiteit Amsterdam. The Netherlands.

Kartadinata, M.N., Okuno, M., Nakamura, T., Kobayashi, T., 2002. Eruptive History of Tangkubanparahu Volcano. West Java, Indonesia: A Preliminary Report. Journal of Geography, 111(3), 404-409.

Telford, W.M., L.P. Geldart, and R.E. Sheriff, 1990. Applied Geophysics. 2nd edition, Cambridge University Press, Cambridge.

Untung, M. dan Sato, Y., 1978. Gravity and Geological Studies in Jawa, Indonesia. Geological Survey of Indonesia dan Geological Survey of Japan.

Van Bemmelen, R.W., 1949. The Geology of Indonesia, Vol, 1A, General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes. Government Printing Office, The Hague.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.