IDENTIFIKASI DAERAH RAWAN GEMPA BERBASIS SIG DI DAERAH LEMBANG DAN SEKITARNYA

Dedi Mulyadi, Lina Handayani, Dadan Dani Wardhana, Wawan Hendriawan Nur

Abstract


Gempa tektonik telah beberapa kali terasa di daerah Lembang pada beberapa tahun terakhir ini dan sempat menimbulkan kepanikan. Daerah yang mengalami gempa di sekitar Sesar Lembang merupakan perumahan, bahkan beberapa diantaranya merupakan hunian yang padat. Oleh sebab itu, perlu dibuat studi identifikasi berbasis SIG di daerah Lembang yang paling kuat merasakan akibat dari gempa tersebut. Dengan menggunakan metoda SIG dan analisis kegempaan, di identifikasi daerah-daerah yang rentan akan bahaya gempa. Dengan menumpangsusunkan peta topografi, peta pemukiman dan peta percepatan pergerakan tanah, dapat diketahui daerah mana saja yang akan mendapat kerusakan bila terjadi gempa dikemudian hari. Dari hasil analisis kegempaan didapatkan 5 zona PGA yang mengindikasikan besaran percepatan tanah yang mungkin terjadi jika ada gempa yang disebabkan aktifitas di Sesar Lembang. Hasil overlay peta PGA dengan peta permukiman terdapat lima kecamatan yang berada pada zona merah yang merupakan zona dengan intensitas gempa kuat.

Keywords


Daerah Rawan Gempa, Sistim Informasi Geografi

Full Text:

PDF

References


Gaffar, E. Z.,dkk ,Prosiding Puslit Geoteknologi (2006).

Handayani, L., Mulyadi, D., Wardhana, D., Galih, D., Nur, Wawan., Penentuan zonasi gempabumi dengan pendekatan probabilitas pergerakan tanah: Sesar Cimandiri dan Sesar

Lembang sebagai sumber gempa, Laporan DIPA Puslit Geoteknologi LIPI(2008).

RADIUS Project (Risk Assessment Tools for Diagnostic of Urban Areas against Seismic Disaster), Pemda Kodya Bandung, IDNDR and ITB, Final Report (1999).

Soehaimi dan Karmawan (2008), Jurnal Geologi Indonesia, No 2. vol XVIII, Pusat Survey Geologi, Bandung.

Narulita, I., Efek Perubahan Tatagunalahan Terhadap Hidrologi Bandung Utara, Jurnal Lingkungan dan Pembangunan, Vol 26, No. 1. (2006).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.