PENCEMARAN AIRTANAH DANGKAL DI HILIR KOTA SUKABUMI DAN CIANJUR

Muh R Djuwansah, Dadan Suherman, Anna Fadliah Rusydi, Wilda Naily

Abstract


Airtanah dangkal pada sumur-sumur gali di sepanjang ruas sungai yang melintasi kota-kota Sukabumi dan Cianjur ke arah hilir telah dianalisis untuk mengetahui tingkat pencemarannya. Dari semua parameter kandungan kimia air tanah dangkal yang dianalisa, baik pada ruas Sukabumi maupun pada ruas Cianjur hanya Nitrogen yang pada beberapa tempat memiliki kandungan di atas batas baku mutu. Indikasi pencemaran airtanah dangkal tampak mulai terjadi di beberapa tempat, ditandai dengan tingginya kandungan total Nitrogen. Pencemar air tanah dangkal berasal dari limbah di permukaan tanah baik limbah kota maupun limbah pertanian yang tercuci langsung ke lapisan airtanah dangkal dan tidak selalu melalui aliran air sungai. Untuk mencegah terjadinya keadan yang lebih buruk dapat dilakukan diantaranya dengan pengelolaan air kotor untuk mengendalikan limbah kota dan mengembangkan pertanian organik untuk menanggulangi limbah pertanian.

Keywords


Airtanah dangkal, pencemaran, Sukabumi, Cianjur, Limbah, Nitrogen, Perkotaan

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2001, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, No. 82, Tahun 2001, Tentang Pengolahan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air.

Anonim, 2002, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, No. 907/MENKES /SK/ VII/2002, Tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum.

Freeze A., and J.A. Chery, 1979. Groundwater. Prentice Hall Inc.

Nolan B.T., B.C. Ruddy. K.J. Hitt, and D.R. Helsel, 1988. A National Look on Nitrate Contamination. Water Conditioning and Purification. January 1988, v. 39, no. 12.

Lindsay, W.L., 1979. The Chemical Equilibria in Soils, John Willey and Sons.

Mathes G., and J.C. Harvey, 1982. The properties of Groundwater. John Willey and Son.

Tan K.H., 1982. Principles of Soil Chemistry. Marcell Drekker Inc.

Mahida U.N., 1981. Pencemaran air dan Pemanfaatan Limbah Industri. CV. Rajawali Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.