PENENTUAN ZONA POTENSI AIR TANAH DI WILAYAH SUKAREGANG DAN SEKITARNYA MELALUI PENDEKATAN MODEL AIR TANAH

Arief Rachmat, Igna Hadi, Nyoman Sumawijaya

Abstract


Rancaekek merupakan lumbung padi, namun sejak industri tekstil berkembang produksi padi terus menurun akibat migrasi polutan ke dalam tanah. Kini luasan lahan pertanian dikawasan tersebut nyaris musnah. Berdasarkan hasil penelitian Puslit Geoteknologi LIPI menunjukkan kandungan kimia (Na) telah mencemari lahan sawah petani di Rancaekek. Potensi penyebaran polutan dapat diamati melalui arah pergerakan airtanah. Pergerakan massa air tanah dilihat melalui model aliran air tanah,model inilah yang akan memberikan gambaran potensi penyebaran polutan (Na). Model dibangun melalui data yang diolah melalui proses Sistem informasi Geografis (SIG). Hasil simulasi muka air tanah diketahui bahwa secara umum polutan akan bergerak ke arah selatan, dengan variasi lokal arah tenggara dan dan barat daya.

Keywords


Pergerakan air tanah, model aliran air tanah, polutan

Full Text:

PDF

References


Anderson, M.P & Woesner, W.W. (1992) Applied Groundwater Modelling Simulation of Flow and Advective Transport, Academic press, Inc. Sandiego, California.

Herawan.U dkk. (1989) Laporan Penyeledikin Geologi Lingkungan Daerah Garut dan Sekitarnya Jawa Barat. Departemen Pertambangan dan Energi Direktorat Jenderal Geologi dan Sumberdaya Mineral Direktorat Geologi Tata Lingkungan.

Jubahar .Y dkk (1999) Pemetaan Geologi Lingkungan Daerah Garut dan Sekitarnya. Departemen Pertambangan dan Energi Direktorat Jenderal Geologi dan Sumberdaya Mineral Direktorat

Geologi Tata Lingkungan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.