UJI AWAL ZEOLIT-Cu HASIL IMPREGNASI DENGAN METODE ALIRAN KONTINYU TERHADAP MIKROBA PATOGEN

Lenny Marilyn Estiaty

Abstract


Dewasa ini penggunaan bahan pembersih hama (antiseptik) dalam rumah tangga dinilai sudah berlebihan, karena selain membunuh bakteri juga membunuh semua organisme yang diperlukan sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Oleh karena itu diperlukan suatu bahan antiseptik yang ramah lingkungan. Dalam hal ini antiseptik tersebut adalah zeolit-Cu yang dibuat dari zeolit alam melalui proses impregnasi logam Cu dengan metoda aliran kontinyu. Untuk menguji bahan antiseptik tersebut terhadap bakteri dan jamur maka dilakukan uji daya serap dan uji daya pertumbuhan bakteri. Hasil yang didapat bahwa zeolit-Cu sudah berhasil dibuat walaupun belum optimal. Daya serap zeolit alam lebih tinggi daripada daya serap zeolit-Cu, hal ini disebabkan karena daya serap dari zeolit-Cu terganggu dikarenakan masuknya logam Cu. Penghambatan pertumbuhan bakteri maupun jamur lebih banyak terjadi pada media yang ditambahkan zeolit alam. Hal ini diduga bahwa yang bekerja pada zeolit-Cu ini adalah masih daya serapnya.

Keywords


Zeolit-Cu, antiseptik, mikroba patogen, daya serap, daya hambat

Full Text:

PDF

References


Bowen Li, Shuhui Yu, Jim Y Hwang, Shangzhao Shi (2002) Antibacterial Vermiculite NanoMaterial , Michigan Technological University, Houghton, 49931, USA, Journal of Minerals and Materials Characterization & Engineering vol.1 No.1 pp.61 -68, 2002. Printed in the USA All Rights Reserve.

Brown, R.G., Burns,T.. 2005. Infeksi Jamur. Dalam : Lecture Notes Dermatologi. Edisi 8. Jakarta : Erlangga. 38-40.

Dewi Fatimah , Rekayasa Mineral Tektosilikat (zeolit) Dengan teknik Wet Impregnation Logam Inhibitor Sebagai basis Material Antiseptik, Proposal DIPA Puslit Geoteknologi- 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.